SINTESA Fisipol UGM Berawal dari Tapal Kuda

Rabu 28 November 2007 17:15 WIB
https: img.okezone.com content 2007 11 28 100 64427

SINTESA adalah Lembaga Pers dan Penerbitan Mahasiswa yang merupakan Badan Otonom Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisipol) UGM. Berdiri sejak tahun 1983, SINTESA melakukan kegiatan seputar dunia jurnalistik atau biasa disebut dengan pers mahasiswa (persma). Diawali dengan berkumpulnya mahasiswa dengan pikiran yang sama. Mereka mulai berdiskusi di salah satu tempat yang dinamai Tapal Kuda-sekarang menjadi lantai 1 Gedung Yong Ma. Seiring berjalannya waktu, obrolan-obrolan bertambah banyak. Demi menghindari hilangnya pemikiran-pemikiran itu, maka hasil diskusi kemudian ditulis dan diterbitkan. Harapannya, wacana yang dihasilkan dapat juga dinikmati oleh teman-teman yang lain.

Saat ini para pegiat SINTESA-menyebut dirinya �~sintesaist'-berjumlah ±30 orang yang merupakan mahasiswa dari segala jurusan di Fisipol. SINTESA menjadi ruang belajar alternatif di luar kelas, bertemu dengan teman-teman di luar bidang/jurusan, berbagi pemikiran, atau sekadar melepas kepenatan.

Pendanaan SINTESA cukup terorganisir, yaitu berasal dari dana matrik fakultas, swadaya, sponsor, dan donator.

SINTESA terbagi ke dalam empat divisi, yaitu Divisi Umum, Divisi Redaksi, Divisi Penelitian dan Pengembangan (Litbang), dan Divisi Perusahaan.

Program rutin yang diselenggarakan SINTESA antara lain, penerbitan majalah SINTESA, penerbitan newsletter INDIKATOR, Skolae SINTESA, Diskusi Mingguan, Nonton dan Diskusi Film Mingguan, SINTESA Budaya, Penelitian, Seminar, dan Bedah Buku.

Event besar yang telah diselenggarakan SINTESA antara lain,

1. Bazaar Buku, September 2006

2. Seminar Blok Cepu, Desember 2006

3. Bedah Buku Revolusi Venezulea, 19 Juni 2007

Bedah Buku Revolusi Venezuela merupakan sebuah kegiatan yang dilaksanakan LPPM SINTESA bekerja sama dengan LMND, tujuan utama kegiatan ini yaitu sebagai wujud penghargaan atas perjuangan Hugo Chavez, dan untuk mengangkat isu-isu Amerika Latin saat ini.

Kegiatan lainnya adalah, Malam Budaya SINTESA, yaitu sebuah kegiatan awak sintesaist untuk saling mengakrabkan diri melalui kumpul-kumpul bersama antara sintesaist, alumni, dan juga sahabat SINTESA dengan kegiatannya baca puisi, nyanyi, dan yang paling pokok adalah share bareng. Di sini malam budaya SINTESA berfungsi untuk terus memupuk semangat para awaknya dan sahabat SINTESA untuk terus berkegiatan. (mbs)

(fit)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini