Universitas Sumatra Utara

Selasa 11 Desember 2007 11:44 WIB
https: img.okezone.com content 2007 12 11 98 67390 trRlXWDELv.jpg

Universitas Sumatera Utara (USU) didirikan oleh Yayasan USU pada tanggal 4 Juni 1952, yang didukung dan didanai bersama oleh pemerintah daerah dan masyarakat Sumatera Utara dan Aceh. Kuliah pertama di USU diselenggarakan pada tanggal 20 Agustus 1952, yang kemudian ditetapkan sebagai Dies Natalis USU. Sejak 1 September 1957, status USU diubah dari bentuk yayasan menjadi perguruan tinggi negeri (PTN), yang merupakan PTN ketujuh di Indonesia.

Dengan dibukanya peluang bagi PTN untuk beralih menjadi Perguruan Tinggi Badan Hukum Milik Negara (PT-BHMN) melalui Peraturan Pemerintah (PP) No. 61 Tahun 1999, USU dengan persetujuan Senat Universitas pada waktu itu memutuskan untuk mempersiapkan diri beralih status. Didasarkan pada suatu evaluasi diri, maka disusunlah suatu rencana peralihan status dalam suatu dokumen rencana peralihan yang kemudian diterima oleh pemerintah dengan ditetapkannya USU sebagai PT-BHMN kelima di Indonesia melalui PP No. 56 Tahun 2003 tanggal 11 Nopember 2003.

Sebelumnya, pada tahun 2000, Universitas Indonesia, Universitas Gadjahmada, Institut Teknologi Bandung, dan Institut Pertanian Bogor telah ditetapkan sebagai PT-BHMN. Setelah USU kemudian disusul oleh Universitas Pendidikan Indonesia pada tahun 2004 dan Universitas Airlangga pada tahun 2006. (ars)

 

Struktur Organisasi

Struktur organisasi USU sebagai PT-BHMN terdiri dari Majelis Wali Amanat (MWA), Dewan Audit, Senat Akademik, pimpinan Universitas, unit-unit pelaksana akademik, unit-unit pelaksana administratif, dan unit-unit penunjang.

Majelis Wali Amanat

Majelis Wali Amanat (MWA) adalah organ tertinggi Universitas. MWA merupakan suatu badan independen dengan anggota sebanyak 21 orang yang terdiri dari satu orang mewakili Pemerintah Pusat (Menteri Pendidikan Nasional), Rektor, delapan orang mewakili Senat Akademik, dan sebelas orang mewakili masyarakat. MWA bertugas untuk menetapkan kebijakan umum dalam bidang non akademik, mengangkat pimpinan Universitas dan memberhentikannya, mensahkan rencana strategis, rencana kegiatan dan anggaran tahunan, mengevaluasi kinerja pimpinan Universitas, menyampaikan laporan tahunan, dan rekomendasi/pendapat kepada Menteri Pendidikan Nasional. Hingga saat ini, MWA telah mengeluarkan sembilan keputusan termasuk Anggaran Rumah Tangga (ART), mengangkat Rektor dan para Pembantu Rektor, dan menetapkan kebijakan umum universitas.

Senat Wali Amanat

Senat Akademik (SA) adalah badan normatif tertinggi dalam bidang akademik. Keanggotaan SA terdiri dari Rektor dan para Pembantu Rektor, para Dekan, perwakilan dosen guru besar dan dosen non guru besar, Kepala Perpustakaan dan Sistem Informasi dan Direktur Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat. Senat Akademik melalui suatu proses seleksi menominasikan calon Rektor. Rektor diangkat dan bertanggung jawab kepada Majelis Wali Amanat (MWA).

Dewan Audit

Dewan Audit dibentuk oleh Majelis Wali Amanat (MWA) yang bertanggung jawab untuk mengevaluasi hasil audit internal dan eksternal atas nama MWA.

Auditor internal

Auditor internal diangkat dan bertanggung jawab kepada Rektor. Tujuan unit ini adalah mengevaluasi dan memberikan rekomendasi berkaitan dengan kinerja seluruh unit Universitas. Dalam organisasi terdahulu fungsi dari Auditor Internal terfokus hanya pada evaluasi keuangan. Dalam organisasi yang baru Auditor Internal mengevaluasi baik kinerja non akademik maupun akademik.

Unit Penjaminan Mutu

Unit Penjaminan Mutu adalah suatu unit yang bertujuan mempromosikan dan memelihara baik kualitas kegiatan akademik maupun administratif Universitas. Unit ini mengembangkan dan memantau standar dan praktik kualitas; meninjau dan mengevaluasi sistem dan prosedur penjaminan mutu; memberikan rekomendasi dari waktu ke waktu tentang isu-isu penjaminan mutu kepada Senat Akademik dan Rektor.

Kampus Kwala Bekala

Pada tahun 2003, Universitas Sumatera Utara ditetapkan menjadi perguruan tinggi Badan Hukum Milik Negara (BHMN). Setelah berstatus BHMN, USU harus mempertahankan kemandirian sebagai institusi pendidikan yang mempunyai visi University for Industry. Selain itu, perkembangan dunia pendidikan menunjukkan adanya peningkatan jumlah mahasiswa yang terdaftar di Perguruan Tinggi Negeri, termasuk di USU. Jumlah mahasiswa USU mencapai  ± 34.000 orang pada tahun 2007 dan ± 60.000 orang pada tahun 2020 sehingga membutuhkan perluasan dan pengembangan kampus. Berkaitan dengan perluasan dan pengembangan kampus ini, USU telah mendapatkan lahan untuk perluasan  kampus yang berlokasi di Kwala Bekala seluas ± 300 hektar. Lahan sebesar ini untuk menyediakan fasilitas, sarana dan prasarana untuk pengembangan akademik, serta menampung pembangunan laboraotium, fasilitas umum, arboretum - hutan pendidikan, pembenihan kelapa sawit, kebun bunga dan holtikultura, peternakan dan pembuatan waduk. Pengembangan kampus ini perlu untuk mengantisipasi meningkatknya jumlah mahasiswa USU hingga tahun 2020. Peningkatan jumlah mahasiswa ini didasarkan atas perkiraan adanya peningkatan jumlah mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri secara nasional dimana USU memegang angka partisipasi sebesar 4,5 % dari seluruh jumlah mahasiswa.

Prinsip Perencanaan Kampus USU Kwala Bekala

1.       Kampus yang humanis (nyaman, aman dan menyenangkan, berskala pejalan kaki).

2.       Kampus hemat energi

3.       Kampus yang sehat dan ramah lingkungan

4.       Kampus yang mencerminkan visi USU BHMN yaitu "U for I" (University for Industry).

 

Kampus USU Kwala Bekala akan menampung aktifitas akademik, sosial dan industri dalam

1.       Zona Akademik dan Laboratorium Terpadu

2.       Zona Pendukung (club house, komersial, fasilitas umum dan sosial)

3.       Zona Arboretum - Hutan Pendidikan

4.       Zona Pembenihan Sawit, dan 

5.       Zona Peternakan.

 

Program Akademik

·         Sekolah Pascasarjana

·         Fakultas Kedokteran

·         Fakultas Hukum

·         Fakultas Pertanian

·         Fakultas Teknik

·         Fakultas Ekonomi

·         Fakultas Kedokteran Gigi

·         Fakultas Sastra

·         Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam

·         Fakultas Ilmu-Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

·         Fakultas Kesehatan Masyarakat

 

Penelitian

·         Pusat Riset Lingkungan

·         Pusat Riset Kependudukan dan Sumber Daya

·         Pusat Riset Agribisnis, Industri dan Pariwisata

·         Pusat Riset Pengembangan Wilayah

·         Pusat Riset Ilmu Pengetahuan dan Teknologi

·         Pusat Riset Komunitas

·         Pusat Riset Peranan Wanita

 

Unit Penunjang

·         Pusat Sistem Informasi

·         USU Press

·         Pusat Bahasa

·         Unit Audiovisual

·         Unit Pemeliharaan dan Pengamanan Kampus

 

Kehidupan Kampus

·         Fasilitas Olahraga

·         Asrama Mahasiswa

·         Kafetaria

·         Toko

·         Auditorium

·         Gelanggang Mahasiswa

·         Pendopo

·         Poliklinik

·         Bank dan ATM

·         Kantor Pos

·         Akses Internet

·         Bimbingan dan Konseling

·         Rumah Ibadah

·         Organisasi Kemahasiswaan

·         Unit Kegiatan Mahasiswa

 

 

(fit)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini