Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Selasa 11 Desember 2007 20:05 WIB
https: img.okezone.com content 2007 12 11 98 67573 LsfiIoa86j.jpg

Perhatian utama kepada pengembangan SDM mendorong para aktifis Muhammadiyah meng-ikhtiar-kan beridirinya universitas di "Ibu kota" Muhammadiyah, Yogyakarta. Niat untuk mendirikan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) telah ada sejak lama. Prof Dr Kahar Muzakkir dalam berbagai kesempatan melemparkan gagasan perlu didirikannya Universitas Muhammadiyah. Ketika Pimpinan Pusat Muhammadiyah Majelis Pengajaran meresmikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan di Yogyakarta pada tanggal 18 November 1960, secara eksplisit piagam pendiriannya mencantumkan FKIP sebagai bagian dari Universitas Muhammadiyah.

Barulah pada Maret 1981, melalui perjuangan yang keras beberapa aktivis Muhammadiyah seperti Drs H Mustafa Kamal Pasha, Drs M Alfian Darmawam, Hoemam Zainal, SH, Brigjen TNI (Purn.) Drs H Bakri Syahid, KH Ahmad Azhar Basir, MA, Ir HM Dasron Hamid, MSc, HM Daim Saleh, Drs M Amien Rais, HM H Mawardi, Drs H Hasan Basri, Drs H Abdul Rosyad Sholeh, Zuber Kohari, Ir H Basit Wahid, serta didukung oleh Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah saat itu, KH AR Fakhrudin dan Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah DIY H Mukhlas Abror, secara resmi didirikan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, yang kemudian berkembang hingga saat ini.

Pada awal berdirinya, rektor UMY dipercayakan kepada Brigjen TNI (Purn) Drs H Bakri Syahid, yang saat itu sudah selesai masa tugasnya sebagai Rektor IAIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Rektor periode berikutnya dipercayakan kepada Ir HM Dasron Hamid, MSc. Akan tetapi karena proses permintaan izin menteri belum selesai, maka ditunjuk seorang sesepuh Muhammadiyah, HM H Mawardi, menjadi rektor. Setelah turun izin menteri, ditetapkan kembali Ir HM Dasron Hamid, MSc manjadi rektor UMY.

Perkembangan UMY

Setelah melewati masa-masa yang sulit dan melelahkan, UMY kini telah memiliki 7 fakultas, yaitu:

  • Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

    Fakultas Ekonomi

    Fakultas Hukum

    Fakultas Agama Islam

    Fakultas Pertanian

    Fakultas Teknik

    Fakultas Kedokteran

Peningkatan kualitas SDM pengelola mendapat prioritas utama dalam pengembangan UMY. Oleh karena itu, setiap tahun UMY mengirimkan sekitar 20 hingga 30 tenaga pengajar untuk mengikuti studi lanjut, S2 dan S3, baik di dalam maupun di luar negeri.

Alamat: Kampus Terpadu UMY

Jl Lingkar Selatan Tamantirto, Kasihan, Bantul, Yogyakarta, 55183

Telepon: 0274-387656 extension 199/200 Fax: 0274-387646 Hotline: 0274-387649.

(fit)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini