PAN Borong Enam Kursi Kepala Daerah

Dian Widiyanarko, Sindo · Rabu 12 Desember 2007 16:44 WIB
https: img.okezone.com content 2007 12 12 1 67796

JAKARTA - Partai Amanat Nasional (PAN) berhasil menuai benyak kemenangan dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada). Dalam satu bulan terakhir, calon dari partai berlambang matahari itu berhasil merebut enam kursi kepala daerah yang lagi berkuasa (incumbent).

Menurut Ketua Umum DPP PAN Soetrisno Bachir, kemenangan partainya akibat dari pemilihan calon yang tepat. "PAN bukan partai besar, tapi kita cermat menentukan calon. Itulah kunci kemenangan dalam pilkada,'' ujar Soetrisno Bachir, di Jakarta, Rabu (12/12/2007).

Kemenangan calon PAN antara lain adalah pilkada Kabupaten Bojonegoro, Jatim. Ketua DPW PAN Jatim Suyoto secara mengejutkan terpilih sebagai bupati daerah kaya migas tersebut.

Suyoto yang berpasangan dengan Setyo Hartono, berhasil menumbangkan incumbent Bupati Bojonegoro M. Santoso yang diusung PDIP. Kemenangan tersebut hanya berselang tujuh hari dari kemenangan Ketua DPW PAN Sultra Nuralam yang terpilih jadi gubernur Sulawesi Tenggara.

Nuralam menumbangkan incumbent Gubernur Sultra Ali Mazi yang didukung Golkar dan PKS. "Kita banyak tokoh yang pantas jadi kepala daerah, tapi selalu terbentur kendaraan parpol. PAN harus selalu cari mitra koalisi karena raihan kursi kita selalu di bawah 15 persen,'' ujar Soetrisno.

Selain Bojonegoro dan Sultra, papar Soetrisno,PAN juga menang dan berhasil menumbangkan incumbent gubernur di Sulsel dan Maluku Utara (Malut). Ibrahim Fabanyo yang jadi wakil gubernur berpasangan dengan Abdul Gafur (Golkar) adalah ketua DPW PAN Malut. Pasangan Gafur-Fabanyo mengalahkan incumbent Gubernur Malut Thaib Armayin.

Sementara, Syahrul Yasin Limpo yang diusung PAN dan PDIP di Sulsel berhasil mengalahkan Amin Syam (incumbent) yang disokong penuh Golkar dan keluarga Wapres Jusuf Kalla. Dua kemenangan lain, Kenedy jadi wali kota Bengkulu (Provinsi Bengkulu) dan Syarif Hidayat terpilih jadi wali kota Tasikmalaya (Jabar). Keduanya juga ukses menumbangkan incumbent.

Soetrisno mengatakan, pihaknya juga sedang mengincar pilkada lain. Misalnya untuk pilkada Jabar, pihaknya akan mencalonkan Dede Yusuf. Tapi PAN kesulitan mencari mitra koalisi."Kepala daerah yang lagi berkuasa trennya kalah terus. Makanya, kalau Dede Yusuf maju di Jabar, kita optimistis bisa mengalahkan gubernur yang lagi berkuasa,'' Jelasnya.

Sedangkan untuk Jatim, PAN akan mencalonkan Ketua Umum GP Ansor Syaifullah Yusuf. Tapi PAN akan mencari mitra koalisi. "PAN tidak bisa maju sendiri karena kursi yang dimiliki kurang dari 15 persen," tandasnya.

Enam Kursi Kepala Daerah yang Direbut PAN

Bupati Bojonegoro

Walikota Bengkulu

Walikota Tasikmalaya

Gubernur Sulawesi Tenggara

Gubernur Sulawesi Selatan

Gubernur Maluku Utara

(sjn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini