Institut Kesenian Jakarta

Rabu 12 Desember 2007 17:12 WIB
https: img.okezone.com content 2007 12 12 98 67805 7LP6jFBJQM.PNG

IKJ berdiri pada tanggal 25 Juni 1976 atas prakarsa Presiden Soeharto yang berkomitmen membiayai sebuah pendidikan khusus seni untuk mengembangkan kebudayaan Jakarta dan wadah bagi seniman lokal yang ingin berkembang. Awalnya hanya berupa Lembaga Pendidikan Kesenian Jakarta dan menjadi bagian dari kompleks seni Tanab Ismail Marzuki. Sejalan dengan perkembangan zaman, LPKJ semakin banyak menghasilkan seniman-seniman yang mulai diakui dan mengembangkan banyak studi.

LPKJ kemudian berubah status menjadi Institut Kesenian Jakarta. Meskipun kemudian pengelolaannya lebih mandiri, fasilitasnya masih menjadi tanggung jawab pemerintah daerah.

Guru Besar IKJ sejak 2004 adalah Sardono W Kusumo.

Sebagai sebuah kampus seni Institut Kesenian Jakarta terletak di sebuah tempat yang sangat strategis dan mendukung kehidupan berkesenian yang ilmiah. Berada di Pusat Kesenian Jakarta yang lebih dikenal oleh masyarakat sebagai TIM (Taman Ismail Marzuki). IKJ terletak di bagian Timur apabila di lihat dari pintu masuk utama TIM atau persisnya di belakang gedung Graha Bakti Budaya.

Didirikan di atas lahan seluas 1,6 hektar, IKJ memiliki empat kelompok gedung utama seluas 6000 m2 yaitu:

•           Gedung Fakultas Film dan Televisi

•           Gedung Fakultas Seni Pertunjukan

•           Gedung Fakultas Seni Rupa

•           Gedung Rektorat

Institut Kesenian Jakarta berada di bawah pengelolaan sebuah yayasan yang ditunjuk oleh Dewan kesenian Jakarta. Anggota Dewan dilantik oleh Gubernur DKI - Jakarta.

Sesuai dengan standarisasi lembaga pendidikan tinggi yang di gariskan oleh pemerintah melalui Direktorat Pendidikan Tinggi - Departemen Pendidikan Nasional (Dir. Dikti - Depdiknas) pada tahun 2007 IKJ telah memperoleh akreditasi dari Badan Akreditasi Nasional.

Institut Kesenian Jakarta

Jl. Cikini Raya No. 73

Jakarta Pusat 10330

Pusat Kesenian Jakarta - TIM

Telp. 021-3924018

Fax. 021-31924807

email:  [email protected] (nay)  

 

(fit)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini