Universitas Trisakti

Rabu 12 Desember 2007 17:16 WIB
https: img.okezone.com content 2007 12 12 98 67808 Ld8QdG5Tnp.jpg

Universitas Trisakti adalah sebuah perguruan tinggi swasta yang terletak di Jalan Kyai Tapa, Grogol Jakarta Barat. Universitas ini mulanya bernama Universitas Baperki yang didirikan oleh Baperki pada tahun 1958. Pada tahun 1962 namanya diubah menjadi Universitas Res Publica, yang lebih dikenal oleh masyarakat pada waktu itu sebagai URECA.

Setelah Peristiwa G30S pada 1965, Baperki dibubarkan oleh pemerintah Orde Baru (resminya pada 1966), dan URECA pun diambil alih oleh pemerintah. Pada tanggal 29 November 1965 Universitas ini dibuka kembali dengan nama yang baru, yaitu Universitas Trisakti, namun banyak mahasiswa yang lama tidak mendaftar kembali karena takut, karena banyak dari mereka yang menjadi anggota CGMI (Consentrasi Gerakan Mahasiswa Indonesia) yang cenderung kiri atau sekadar khawatir akan stigmatisasi kiri atau komunis.

Kini Universitas Trisakti mempunyai total jumlah mahasiswa aktif lebih dari 30.000 jiwa. Universitas Trisakti atau yang biasa disingkat dengan Usakti merupakan salah satu kampus swasta terbesar di Jakarta yang terdiri dari 9 fakultas yaitu:

1. Fakultas Hukum

2. Fakultas Kedokteran Umum

3. Fakultas Kedokteran Gigi

4. Fakultas Ekonomi

5. Fakultas Tehnik Sipil dan Perencanaan

6. Fakultas Teknologi Industri

7. Fakultas Teknologi Mineral

8. Fakultas Arsitektur Lansekap dan Teknologi Lingkungan

9. Fakultas Seni Rupa dan Desain

Universitas Trisakti mempunyai total 23 program studi sarjana (S1) ditambah dengan 8 program studi pasca sarjana (S2), dan 3 program studi doktoral (S3). Total dosen pengajar terdiri dari 1.019 orang dosen biasa dan 888 orang dosen luar biasa. Dari sejumlah dosen tersebut, sebanyak 68 orang telah memiliki jabatan akademis sebagai guru besar. Pada saat ini kampus Universitas Trisakti ini juga terkenal karena terlibat dalam peristiwa 12 Mei 1998 yang menyebabkan empat mahasiswa Universitas Trisakti meninggal dunia dalam baku tembak dengan aparat keamanan sesaat para mahasiswa memutuskan untuk melanjutkan demo dan turun ke jalan.

Universitas Trisakti memiliki banyak kampus yang tersebar di berbagai lokasi, baik di dalam kota, maupun yang berlokasi di luar kota. Kampus-kampus tersebut biasanya ditempatkan sesuai dengan Fakultas dan Jurusan dari perkuliahan masing-masing bagian. Kampus-kampus tersebut adalah:

1. Kampus A, Berlokasi di Jl. Kyai Tapa no. 1 Grogol Jakarta Barat 11440. Pusat administrasi (Rektorat), Fakultas Hukum, Ekonomi, Teknik Sipil & Perencanaan, Teknologi Industri, Teknologi Mineral, Arsitektur Lansekap & Teknologi Lingkungan, Seni Rupa & Desain, serta Program Pascasarjana

2. Kampus B, Berlokasi di Jl. Kyai Tapa Kav 262 Grogol Jakarta Barat 11440. Tempat Perkuliahan untuk Fakultas Kedokteran Umum dan Kedokteran Gigi.

3. Kampus C, Berlokasi di Jl. A. Yani (By Pass) Kav. 85, Rawasari, Jakarta Timur 13210. Tempat Perkuliahan untuk Sekolah Tinggi Manajemen Transportasi (STMT) Trisakti, Sekolah Tinggi Manajemen Asuransi (STMA) Trisakti dan Akademi Tekhnologi Grafika (ATG) Trisakti.

4. Kampus F, Berlokasi di Jl. Jenderal Ahmad Yani No 107 By Pass, Rawasari, Jakarta Timur 13210. Tempat Perkuliahan untuk sebagian mahasiswa Fakultas Ekonomi

5. Kampus G, Berlokasi di Jl. Kyai Tapa no. 1 Grogol Jakarta Barat 11440. Tempat Perkuliahan untuk mahasiswa Teknik Informatika

6. Kampus Nagrak, Jl. KH. Rafei-Alternatif Cibubur, Km 6, Bogor 16968. Kantor Managemen Sementara, Center of Science Technology and Community Development (CSTCD).(nay)

(fit)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini