UNY Beri Gelar Doktor HC Trainer Esq Ary Ginanjar

Satria Nugraha, Trijaya · Senin 17 Desember 2007 16:21 WIB
https: img.okezone.com content 2007 12 17 96 68875

YOGYAKARTA - Trainer ESQ kenamaan Indonesia Ary Ginanjar Agustian menilai para pemimpin bangsa Indonesia yang berada di Jakarta saat ini belum memiliki spiritual komitmen. Akibatnya berbagai kemunduran moral seperti korupsi, pelanggaran hukum, budaya curang, pergaulan bebas, meningkatnya pemakai narkoba, merajalela.

"Dari tiga tingkatan komitmen yang ada pemimpin kita baru pada tahap emosional dan intelektual komitmen. Spiritual komitmennya belum masuk termasuk konsep Ketuhanan Yang Maha Esa," kata Ari usai menerima penganugerahan gelar Doktor Honoris Causa (HC) dari Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Senin (17/12/2007).

Ari yang terkenal dengan pengembangan The ESQ Way 165 ini yaitu pengembangan 1 hati, 6 prinsip dan 5 langkah ini menambahkan bahwa dasar pengembangan The ESQ Way 165 terinspirasi oleh konsep trilogi yaitu Ihsan-Iman-Islam, ajaran Islam yang dianut oleh mayoritas penduduk Indonesia.

Selain itu pula metode itu sekaligus memadukan potensi secara seimbang tiga potensi yaitu soul-mind-body, atau ruhiyah-fikriyah-jasadiah.

"Dalam bahasa Yunaninya kita ada istilah ethos-pathos-logos atau orang Jawa biasa menyebutnya sukmo-jiwo-rogo," tambahnya.

Ari mengatakan bangsa Indonesia akan maju dan mencapai kemakmuran jika moral dijadikan panglima. Sementara Indonesia akan mengalami kehancuran jika akal justru dikembangkan di atas moral. "Moral harus jadi panglima. Dan itu harus berdampingan dengan pengembangan akal," imbuhnya.

Sementara Rektor UNY, Prof Sugeng Mardiyono mengatakan Ari Ginanjar layak mendapatkan gelar doktor HC karena kiprahnya telah menunjukkan komitmennya yang sangat besar terhadap pembangunan dalam bidang karakter dan aklakhul karimah. Berbagai kegiatan seperti publikasi, aksi sosial dan training ESQ dengan menggunakan multimedia telah mampu membangkitkan kesadaran masyarakat untuk memperbaiki moral dan tata susilanya.

"Sikap visioner Ary Ginanjar ini patut diacungi jempol untuk mencapai Indonesia emas bermoral," kata Sugeng dalam sambutannya.

Sampai saat ini sudah terdapat sekira 450 ribu alumni dari The ESQ Way 165 bersama Ary Ginanjar Agustian. Para alumni tersebut berasal dari berbagai jabatan seperti anggota dewan, polisi, swasta, guru, narapidana serta kalangan perguruan tinggi. Bahkan beberapa tetangga yang juga menjadi lokasi training ESQ ini diantaranya Malaysia, Singapura, Belanda,

Inggris serta AS.

(fit)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini