Ratusan Warga Sukoharjo Terserang Chikungunya

Fefy Dwi Haryanto, Sindo · Senin 25 Februari 2008 22:20 WIB
https: img.okezone.com content 2008 02 25 1 86658

SUKOHARJO - Jumlah penderita chikungunya di Kab Sukoharjo kian bertambah. Sejak awal tahun hingga kemarin, tercatat jumlah penderita chikungunya di daerah tersebut mencapai 181 orang.

Angka penderita terbanyak terdapat di Kecamatan Gatak dengan total penderita mencapai 60 jiwa. Sedangkan, Kecamatan Sukoharjo menduduki peringkat ke dua dengan 31 penderita disusul Kecamatan Kartasura dengan 26 penderita. Sedangkan, di Kecamatan Mojolaban terdapat 23 penderita, kecamatan Bulu 20 penderita, kecamatan Weru 14 penderita dan kecamatan Tawangsari 7 penderita.

Kasubdin Pencegahan dan Pemberantasan Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Kab (DKK) Sukoharjo Agus Prihatmo Wisnu Senin (25/2/2008), mengatakan, untuk kasus chikungunya, upaya pertama yang dilakukan dengan melakukan fogging untuk menjatuhkan nyamuk pembawa virus chikungunya.

Setelah itu, lanjut dia, baru dilakukan kegiatan pemberantasan sarang nyamuk (PSN) dan abatesasi (pemberian serbuk abate). Semakin bertambahnya jumlah penderita chikungunya tersebut, memaksa DKK Sukoharjo melakukan penelitian dan pemetaan lapangan. Pemetaan lapangan dilakukan untuk mengetahui cara penyebaran virus. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi semakin merebaknya wabah chikungunya.

Dari hasil pemetaan tersebut diketahui penyebaran kasus chikungunya sangat dipengaruhi oleh pola hidup masyarakat yang tidak sehat. "Kami mengimbau agar warga melakukan pola hidup bersih dan sehat," tukasnya.

Selama ini, banyak ditemukan genangan air yang diduga turut berpengaruh terhadap perkembangan chikungunya.

(uky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini