nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Wilayah Daratan Denpasar Semakin Menyusut

Muhammad Saifullah , Jurnalis · Selasa 11 Maret 2008 21:17 WIB
https: img.okeinfo.net content 2008 03 11 1 90854

DENPASAR - Wilayah daratan Denpasar terancam semakin menyusut. Tak dapat dipungkiri lagi, kawasan pantai Ibu Kota Provinsi Bali ini seluruhnya sudah mengalami abrasi.

Berdasarkan hasil observasi Dinas PU Propinsi Bali dari tahun 1987 hingga 2007, seluruh pantai Denpasar sepanjang 10 ribu kilometer (km), sudah mengalami abrasi. Tak ayal, kondisi ini mengancam keberadaan kawasan pantai. Di sisi lain, potensi pariwisata Denpasar mengandalkan sektor ini sebagai magnet utama pariwisata.

"Pada tahun 1987 kerusakan pantai Denpasar mencapai 7 ribu Km. Jumlah ini semakin bertambah menjadi 10 ribu Km pada tahun 2007," ungkap Kepala Dinas PU Provinsi Bali Nyoman Sudiana.

Data ini, sambung Sudiana, merupakan akumulasi kerusakan selama 20 tahun. Meski sebagian wilayah sudah ditanggulangi dengan pemasangan breakwater, revetment, dan artificial rock. Sedangkan, kerusakan akibat terjangan ombak belum bisa dihentikan.

"Ada kerusakan langsung kita tangani dan seterusnya hingga hari ini. Jadi sekarang tidak semua pantai Denpasar terabrasi. Data ini merupakan total panjang kerusakan selama 20 tahun terakhir," kilahnya.

Kendati demikian, ancaman akibat gerusan ombak ini masih terus berlangsung hingga sekarang. Fatalnya, dana pembangunan infrastruktur pencegah terjangan ombak hanya mengandalkan dana dari pusat. Sedangkan dari APBD Bali baru berjalan tahun ini. "Selama ini kita mengandalkan dana dari APBN. Alokasi dari APBD Bali baru berjalan tahun ini," ungkapnya.

Ironisnya, Pemkot Denpasar selaku pemilik teritorial tidak mengucurkan dana sepeser pun untuk menanggulanggi persoalan ini. "Setahu saya Pemkot tidak mengalokasikan dana untuk mengatasi abrasi," tukas Kepala Dinas Lingkungan Hidup Denpasar, I Ketut Suadi.

Sekedar diketahui, saat ini Pemerintah Propinsi Bali tengah melaksanakan proses pembangunan tanggul pemecah ombak di Pantai Padanggalah. Sebelumnya, pembangunan serupa terbukti efektif menyelamatkan kawasan Pantai Sanur. "Mengenai kapan kita bisa menyelesaikan persoalan ini secara tuntas belum bisa saya pastikan," Ungkap Kadis PU Provinsi Bali Sudiana, ketika ditanya tentang target mengatasi persoalan abrasi di Denpasar.

(ism)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini