Chikungunya Serang 439 Warga di Cilacap

Nugroho Purbo, Sindo · Selasa 25 Maret 2008 16:30 WIB
https: img.okezone.com content 2008 03 25 1 94563

CILACAP - Dalam kurun waktu 2008 ini, penyakit Chikungunya sedikitnya telah menyerang 439 warga Cilacap. Bahkan dalam satu pekan terakhir, penyakit ini sudah menyerang 66 orang.

Dari 66 orang tersebut, 44 orang di antaranya warga Jalan Bakung, dua warga Jalan Teri, dan 20 orang warga Jalan Tanjung Rt 5 Rw 6, Kel Sidakaya, Kec Cilacap Selatan.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Cilacap, Sugeng Budi Susanto mengatakan, kasus terbaru di Cilacap Selatan semuanya sudah dilarikan ke puskesmas terdekat.

 

"Semua sudah tertangani, kondisi kesehatan mereka semuanya sudah pulih," kata Sugeng, Selasa (24/3/2008).

Saat ini, pihaknya terus berkoordinasi dengan jajaran medis di tingkat puskesmas Kab Cilacap dalam upaya penanganan penyebaran penyakit tersebut.

Dia menjelaskan, banyaknya penyakit yang ditularkan nyamuk aedes abhopipus ini dipicu karena wilayah Kab Cilacap merupakan daerah perlintasan. Sehingga banyak pendatang yang transit baik dari Jawa Barat maupun daerah Timur.

Sehingga potensi penyebarannya cukup tinggi, disamping karakter virusnya memang cukup kuat menyerang, dinamika penduduk Cilacap yang keluar masuk wilayah ini turut menjadi faktor penyebab meningkatnya penyebaran Cikungunya.

 

"Dari kondisi inilah kami menyimpulkan bahwa penyakit Chikungunya di Cilacap sebagai kasus impor. Bukti lain diperoleh berdasarkan hasil penanganan pasien," tandasnya.

Dia menambahkan, petugas selalu menemukan alur cerita adanya korban yang baru tiba dari daerah lain, atau korban biasanya baru kedatangan tamu luar daerah," terangnya.

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini