Sembilan Kecamatan di Sukoharjo Terserang Chikungunya

Fefy Dwi Haryanto, Sindo · Selasa 29 April 2008 17:31 WIB
https: img.okezone.com content 2008 04 29 1 105067

SUKOHARJO - Sembilan dari total 12 kecamatan di Kab Sukoharjo terserang virus chikungunya. Sedangkan, dari sembilan kecamatan itu, sebanyak 27 desa terserang virus yang disebabkan gigitan nyamuk Aides Aegepty itu.

Sembilan kecamatan tersebut yakni, Kecamatan Weru, Tawangsari, Gatak, Sukoharjo, Kartasura, Mojolaban, Bulu, Grogol dan Baki. Dengan adanya penambahan 159 kasus tersebut, selama empat bulan pertama tahun 2008 ini, total jumlah kasus mencapai 473 kasus setelah Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Sukoharjo mencatat ada 473 kasus pada tiga bulan pertama.

Selama tahun 2008 ini, DKK Sukoharjo mencatat kasus chikungunya yang paling banyak terjadi di Desa Krajan, Kecamatan Gatak. Sebab, pada 21 April lalu di daerah itu kembali ditemukan 37 penduduk yang terjangkit penyakit ini. Sedang untuk kasus terendah ditemukan di Desa Singopuran, Kartasura yakni hanya dua kasus yang terjadi pada 27 Maret lalu.

Kasubdin Pencegahan dan Penanggulangan Penyakit (P2P) DKK Sukoharjo Agus Prihatmo Wisnu mengungkapkan, meski angka penderita chikungunya tahun ini meningkat drastis, Agus mengaku sebenarnya penanganan kasus chikungunya tahun ini sudah lebih baik dari tahun kemarin. Indikasinya, jaring pengamatan penyakit ini sudah lebih bagus berupa tingkat keaktifan masyarakat untuk melapor lebih tinggi.

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini