Ratusan Warga Sragen Terserang Chikungunya

Ary Wahyu Wibowo, Sindo · Jum'at 09 Mei 2008 19:14 WIB
https: img.okezone.com content 2008 05 09 1 107943

SRAGEN - Ratusan warga di Dukuh Gondang Baru, Sragen, Jawa Tengah diserang penyakit Chikungunya. Penyakit yang menyerang 45 kepala keluarga (KK) di Dusun itu, terjadi sejak empat hari terakhir dan mengakibatkan sebagian warga harus menjalani perawatan medis di Puskesmas Gondang.

Sementara, sebagian warga yang kondisinya tidak terlalu parah diperbolehkan untuk menjalani rawat jalan. Menurut Lasimin (50), salah satu warga Gondang Baru, Jumat (9/5/2008) siang mengatakan, selama empat hari terakhir sejumlah warga mengeluhkan rasa ngilu, pegal-pegal di sekujur badan.

Selain itu mereka juga merasakan demam dan rasa pusing di kepala. Bahkan jumlah warga yang merasakan gejala serupa semakin banyak dan mencapai ratusan orang.

"Awalnya kami tidak terlalu menghiraukan, tetapi jumlah warga yang mengeluhkan gejala tersebut semakin banyak hingga ratusan," kata Lasimin.

Bahkan, ia dan keluarganya juga terserang penyakit ini dengan gejala lemas serta rasa ngilu di sekujur tubuh. "rasanya lemas, ngilu, demamĀ  dan pusing di kepala" ujar Lasimin.

Setelah berobat ke Puskesmas Gondang, warga baru mengetahui jika mereka terkena penyakit chikungunya.

Terpisah, Kabid Pemberantasan Penyakit Menular (P2M) Dinas kesehatan (Dinkes) pemkab Sragen, Saptorini mengatakan, setelah mendapatkan laporan tersebut pihaknya langsung melakukan pemeriksaan kepada sejumlah warga dan melakukan fogging di Dusun tersebut.

Sedangkan peristiwa ini bukan termasuk kategori luar biasa meski jumlah warga yang terserang mencapai ratusan. "Kami sudah mengambil langkah-langkah antisipasi untuk mencegah agar penyakit itu tidak meluas," terang Saptorini.

(hri)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini