Cikungunya Serang Wates

Kuntadi, Sindo · Rabu 14 Mei 2008 22:05 WIB
https: img.okezone.com content 2008 05 14 1 109329

KULONPROGO " Sekitar 28 warga Pedukuhan Wonosidi Lor, Kecamatan Wates dinyatakan suspect chikungunya. Dua di antaranya hingga kini masih dirawat di rumah sakit, karena tidak bisa berjalan.

Kepala Seksi Pemberantasan Penyakit Menular (Kasi P2M) Dinas Kesehatan Retno Wahyuni mengatakan, dari gejala awal yang timbul semuanya diawali dengan kondisi badan panas dan mengalami ngilu di persendian. Gejala seperti ini merupakan tanda-tanda awal pasien yang terserang chikungunya.

"Kepastianya masih menunggu hasil laboratorium di RSUD, tetapi diagnosa kita terkena chikungunya," jelasnya, Kulonprogo, Rabu (14/5/2008).

Dari warga yang terserang ini, kata dia, sebagian kondisinya sudah mulai membaik. Namun, beberapa diantaranya masih tergolek lemas karena tidak bisa berjalan akibat ngilu dipersendian. Beberapa diantaranya masih berstatus satu keluarga yang berada dalam satu rumah.

Dinas Kesehatan kemarin pagi, telah melakukan pengasapan (foging) untuk menghindari penyebaran yang lebih luas. Foging ini akan kembali dilakukan pada Rabu depan untuk memutus mata rantai kehidupan nyamuk jenis Aydes Aigepty.

Namun yang paling penting dilakukan adalah kesadaran warga untuk menggalakkan program gerakan pemberantasan sarang nyamuk (PSN).

(hri)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini