nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

1.310 Peserta di Banyumas Ikuti Ujian Paket C

Ridwan Anshori, Jurnalis · Selasa 24 Juni 2008 12:53 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2008 06 24 1 121674

PURWOKERTO - Sebanyak 1.310 peserta di Banyumas mengikuti ujian nasional pendidikan kesetaraan (UNPK) paket C yang digelar hari ini (24/6/2008) hingga 27 Juni mendatang.

Mereka adalah siswa yang tidak lulus UN tahun dan peserta dari siswa reguler binaan kelompok belajar pendidikan non formal. Ujian digelar di tiga sekolah yakni SMAN Ajibarang, SMAN Banyumas dan SMPN 3 Purwokerto.

Kabid Pendidikan Non Formal (PNS) Dinas Pendidikan Nasional (Diknas) Banyumas, Suwardi mengatakan, mereka yang boleh ikut adalah peserta yang sudah mendaftarkan ke Diknas maupun di kelompok belajar binaan Diknas Banyumas.

"Peserta yang ikut harus mendaftar dulu. Ini sebagai antisipasi pelaksanaan UNPK sebelumnya. Banyak peserta yang tidak mendaftar tapi ikut ujian, sehingga banyak peserta yang tidak mendapatkan tempat duduk," ungkap Suwardi, Selasa (24/6).

Kepala Diknas Banyumas Haris Nurtiono menambahkan, ijazah UNPK ini setara dengan SMA/SMK sederajat. Hanya saja, kata dia, pembagian ijazahnya telat atau memakan waktu lama, sekitar lima bulan dari pelaksanaan ujian.

"Hal ini disebabkan blangko ijazah dari pemerintah pusat dikirim ke propinsi baru ke kabupaten," ujarnya.

Dia menambahkan, untuk mensiasati hal itu, Diknas memberikan surat keterangan kelulusan yang diharapkan bisa untuk melamar kerja atau meneruskan ke perguruan tinggi.

"Sejauh ini, ijazah UNPK bisa untuk mendaftar di perguruan swasta. Tetapi untuk perguruan tinggi negeri persoalan teknis, karena pembagiannya telat dan tidak ada gelombang masuk, beda dengan di perguruan negeri swasta," imbuhnya.

Sementara di Banjarnegara, peserta yang mengikuti UNPK sebanyak 836 peserta yang terdiri 629 siswa reguler (binaan kelompok belajar) dan 207 siswa SLTA yang tidak lulus UN. Dalam UNPK paket C ini, semua siswa reguler mengambil jurusan IPS, sedangkan 207 siswa susulan (SLTA tidak lulus UN) 50 di antaranya mengambil jurusan IPA.

Pelaksanaan ujian di dua tempat, yakni di gedung SMA Cokroaminoto dan SMA Muhammadiyah Banjarnegara. Pelaksanaan itu sendiri dilakukan selama tiga hari mulai 24 hingga 27 Juni. Adapun untuk siswa reguler UNPK paket A (setara SD) dan B (setara SLTP) masing-masing 123 siswa dan 1.001 siswa. Ujian akan digelar pada 1 Juli mendatang.

(fit)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini