nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sebarkan Aliran Amanah, 12 Penganut Bertobat

Rival Fahmi, Jurnalis · Kamis 26 Juni 2008 01:14 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2008 06 26 1 122249

TERNATE - Di tengah berkecamuknya arus penolakan pada ajaran Ahmadiyah yang berujung dikeluarkannya SKB tiga menteri, diam-diam di Ternate, muncul aliran lain yang diberi nama Amanah.

Bahkan, kemunculannya mungkin takkan terungkap, jika saja warga Gambesi, Kecamatan Ternate Selatan, bersama para pemuka agama, tokoh masyarakat dan tokoh pemuda, tidak mendatangi kantor Badan Kesbangpol Linmas Kota Ternate, Rabu (25/06/2008), untuk melaporkan alirannya

Kehadirannya yakni melaporkan aktivitas para penganut aliran Amanah itu, termasuk membawa ke-12 orang penganutnya itu. Bersama mereka, juga turut "diseret" pemimpin spiritualnya yakni Lu Tamadehe dan kembarannya La Tamahede.

Saat dikonfirmasi, Kabid Hubungan Antar Lembaga Kesbangpol Linmas Ternate, Drs Sadek Abdullah, membenarkan adanya hal itu. "Tadi, warga berdatangan untuk membawa para penganut ajaran yang mereka anggap sesat itu. Dan sudah saya selesaikan," kata Sadek pada okezone saat ditemui di sela-sela unjuk rasa massa Gafur di Jalan Pahlawan Revolusi.

Menurutnya, atas laporan warga, mereka merasa resah dengan aktivitas yang dijalankan para penganut aliran Amanah itu. "Tapi semuanya sudah selesai. Di hadapan saya dan warga, mereka telah mengaku bertobat dan ingin kembali ke jalan yang benar," ucap Sadek.

Dikatakan Sadek, warga sendiri berjanji akan memberi hukuman tanpa melalui jalur hukum jika masih saja beraktivitas. "Mudah-mudahan insyafnya mereka ini benar-benar tulus bukan karena merasa terpaksa karena ada ancaman dari warga. Kamipun tak mau hal-hal yang tidak diinginkan bisa terjadi jika saja mereka masih mau menjalankan ajarannya apalagi menyebarkannya," tegas Sadek.

(hri)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini