nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sumber Ajaran Amanah, Wangsit dari Mimpi

Rival Fahmi, Jurnalis · Kamis 26 Juni 2008 02:18 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2008 06 26 1 122251

TERNATE - Ajaran aliran Amanah yang diam-diam disebar kembaran Lu Tamadehe dan La Tamadehe (60 tahun) di Kelurahan Gambesi, Ternate Selatan, rupanya terinspirasi dari mimpi. Uniknya, bukan hanya dari salah satu mereka yang mendapat wangsit dari bunga tidur itu melainkan keduanya mengalami hal yang sama.

Meski menolak untuk diwawancarai, namun dari pengakuan mereka pada Kabid Hubungan Antar Lembaga Kesbangpol Linmas Ternate Abdullah Sadek, yang menyampaikannya pada okezone usai menyelesaikan masalah tersebut di kantornya, Rabu (25/06/2008).

Ajaran ini sendiri sudah disebarkan oleh keduanya beberapa bulan terakhir. Namun karena tidak secara terang-terangan, penganutnya sendiri masih terbatas yakni baru 10 orang yang merupakan sanak famili keduanya.

"Salah satu kepercayaan mereka yakni mereka menganggap salat lima waktu itu tidak dibatasi jam. Misalnya jika mereka ketiduran di waktu subuh, siang harinya mereka bisa mengerjakannya meski sudah masuk pada waktu salat yang lain. Atau ketika terhalang rutinitas, waktu shalat yang ditinggalkan, bisa dilakukan pada waktu lain," kata Sadek.

Lambat laun, ajaran yang disampaikan kembaran itu akhirnya "bocor" juga ke telinga warga. Karena tersinggung dan merasa resah dengan adanya ajaran tersebut, warga pun memilih untuk melaporkannya pada Badan Kesbangpol Linmas Ternate.

"Masih untung mereka berpikir positif dan melaporkannya pada kami. Jika tidak, mungkin para penganut paham Amanah ini sudah dihakimi warga, karena dianggap membawa ajaran yang menyesatkan," tambah Sadek.

Sekedar catatan, di Ternate sendiri sudah kerap muncul aliran-aliran atau paham-paham Islam yang dianggap menyesatkan. Bahkan, beberapa bulan lalu rumah seorang guru ngaji diratakan dengan tanah oleh warga di Kelurahan Aftador, karena dianggap membawa ajaran sesat.

(hri)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini