Wabah Chikungunya Serang 31 Warga Karanganyar

Bramantyo, Trijaya · Kamis 03 Juli 2008 12:55 WIB
https: img.okezone.com content 2008 07 03 1 124316

KARANGANYAR - Sejumlah 31 warga RT 1-4/4 Cangakan Timur, Kelurahan Cangakan, Karanganyar, Jawa Tengah, diserang wabah Chikungunya. Dari jumlah tersebut anak-anak menjadi penderita terbanyak, empat sisanya berusia dewasa.

Menurut Ketua RW 04 Siswanto, warga sudah terkena wabah sejak dua hari yang lalu dan saat ini korban sudah dirawat di puskesmas dan rumah sakit setempat. Namun pihaknya menyanyangkan tidak tanggapnya pihak Dinas Kesehatan (Dinkes) Karanganyar.

"Meski ada kecenderungan menyebar ke wilayah lain, hingga kini pihak puskesmas dan dinkes belum melakukan upaya pencegahan. Padahal warga sudah mengajukan pengasapan (fogging)," kata Siswanto di sela pengasapan di sekitar kediamannya, Kamis (3/7/2008).

Namun pihak Dinkes mengaku belum menerima laporan dari warga terkait wabah Chikungunya ini. Kepala Dinkes Karanganyar Ninik Srihartini berpendapat, kemungkinan yang menyerang warga itu bukanlah wabah Chikungunya, tapi penyakit lain.

Menurutnya, laporan terakhir yang diterima dinkes, wabah Chikungunya di Karanganyar Kota, sudah terjadi satu bulan yang lalu. Namun dinkes tetap akan melakukan pengecekan.

"Dengan adanya warga yang terkena wabah chikungunya, dinkes akan lagsung turun utnuk mengetahui yang sebenarnya," ujar Ninik di ruang kerjanya, Komplek Perkantoran Cangakan, Jalan KH Samanhudin, Karanganyar.

Bahkan Ninik membantah ketidakpedulian dinkes terhadap wabah yang menyerang warga. Karena menurutnya, anggaran untuk pos pembasmi penyakit sudah disiapkan.

Sementara menurut Siswanto, gejala yang didapatkan para warga serupa dengan gejala Chikungunya. Seperti persendian lemas, demam tinggi, merasa pusing, mulut terasa pahit, dan timbul bintik merah menyerupai cacar.

(hri)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini