nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kandidat Lakukan Money Politic, Bakal Gugur

Hendrik Indra Dwi Yulianto, Jurnalis · Senin 07 Juli 2008 18:05 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2008 07 07 244 125477
JEMBRANA - Panitia Pengawas (Panwas) Pigub Bali mengancam akan memberikan rekomendasi gugur apabila menemukan pasangan kandidat melakukan money politic dalam perhelatan Pilgub.

Koordinator Bidang (Korbid) Kesekretariatan dan Humas Panwas Pilgub Bali I Wayan Juana mengatakan, pihaknya akan melakukan pengawasan menjelang hari H pencoblosan. Hal yang paling diawasi yakni masalah serangan fajar yang dilakukan oleh pasangan kandidat.

"Begitu kami menemukan ada pasangan kandidat yang melakukan money politic, maka Panwas akan memberikan rekomendasi kandidat itu gugur dalam Pilgub," kata Juana, Senin (7/7/2008).

Menurut Juana, untuk menemukan adanya money politic memang agak susah. Pasalnya, bisa disebut sebagai money politic apabila tim maupun kandidat melakukan aksi bagi-bagi uang untuk mengalihkan pilihan masyarakat. Tentunya, harus ada saksi yang mau memberikan kesaksian ada kandidat melakukan politik uang.

"Dalam Pilkada, Panwas pernah menemukan adanya aksi bagi-bagi uang sebelum pencoblosan, tapi berdalih sebagai ongkos pemasangan alat peraga saat masa kampanye. Kalau kasus seperti itu tidak bisa disebut sebagai money politic," kata Juana.

Untuk melakukan pengawasan di seluruh Bali kata Juana, pihaknya sudah menyebar sekitar 706 relawan untuk melakukan pengawasan terhadap jalannya Pilgub ke seluruh desa yang ada di Bali.

"Saya mengharapkan relawan juga melakukan pengawasan, jangan sampai ada yang melakukan serangan fajar," imbuh Juana.

(hri)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini