nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kesal tak Terdaftar, Warga Bali Tutup Paksa TPS

Ni Komang Erviani, Jurnalis · Rabu 09 Juli 2008 11:54 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2008 07 09 244 126003
BALI - Puluhan warga dari Kampung Banjar Wangaya Kelot, Bali, menutup paksa tempat pemungutan suara (TPS) ketika pencoblosan Pilgub Bali tengah berlangsung.

Tindakan tersebut dilakukan karena dipicu kekesalan warga yang kecewa karena tidak terdaftar sebagai pemilih dalam proses Pilgub Bali. Padahal, mereka mengklaim sebagai warga pribumi yang sah.

"Kami mempertanyakan kinerja KPUD, mengapa kami tidak bias mencoblos? Padahal sewaktu pemilihan presiden hingga pemilihan tingkat kepala desa kami punya hak. Tapi kenapa pada Pilgub ini kami kehilangan aspirasi," tegas seorang tokoh masyarakat, Ende Made Arnaya kepada wartawan, Rabu (9/7/2008).

Dirinya membeberkan, dari sekitar 800 orang penduduk Banjar Wangaya Kelot yang memiliki hak pilih, hanya sekitar 150 orang yang diberikan kartu pemilih. Terlebih, kekesalan mereka bertambah karena sekira 500 warga pendatang diperbolehkan memilih.

"Kami ini memiliki KTP asli Bali tapi tidak bisa memilih. Sedangkan warga pendatang yang identitasnya musiman kenapa bisa memilih?" kesal Ende.

Penutupa TPS oleh warga tadi sempat diwarnai adu mulut antara warga dengan panitia. Beruntung kejadian tersebut dapat diredamkan oleh polisi. Akhirnya, sebanyak empat buah TPS yang ditutup warga pun terpaksa dipindahkan ke kantor Kepala Desa
loading...

(teb)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini