nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Golput Pilgub Bali 25,32%

Ni Komang Erviani, Jurnalis · Kamis 10 Juli 2008 18:03 WIB
https: img.okeinfo.net content 2008 07 10 244 126516
DENPASAR - Sebanyak 25,32 persen dari total 2.631.754 orang pemilih tetap, tidak menggunakan hak suaranya alias golput dalam Pemilihan Gubernur (Pilgub) Bali 9 Juli kemarin.

Berdasarkan perhitungan sementara Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Bali, tingkat partisipasi masyarakat dalam pemungutan suara hanya sebanyak 74,68 persen. Artinya, ada ratusan ribu pemilih di Bali memilih golput.

Ketua KPUD Bali Anak Agung Gede Oka Wisnumurti ketika ditemui di kantornya Kamis (10/7/2008) menduga ada masalah-masalah teknis yang menjadi penyebab adanya sejumlah masyarakat yang tidak menggunakan hak suaranya. "Mungkin karena faktor pekerjaan yang mengharuskan dia merantau di luar daerah asalnya. Karena mobilitas masyarakat Bali kan sangat tinggi," terang Wisnu.

Meski demikian, Wisnu menilai jumlah golput pada pilgub Bali masih dalam batas kewajaran. Dia justru menilai tingkat partisipasi masyarakat dalam pemilihan kepala daerah secara langsung untuk pertama kalinya di Bali itu, menunjukkan kesadaran berdemokrasi masyarakat Bali cukup tinggi. "Kita sangat bangga dengan tingginya tingkat partisipasi masyarakat," ujarnya.
loading...

(mbs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini