nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

TNI AD Bangun Kapal Landing Craft USD10 Juta

Neneng Zubaidah, Jurnalis · Rabu 16 Juli 2008 15:17 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2008 07 16 1 128176

JAKARTA - Dua kapal laut jenis Landing Craft pesanan TNI AD senilai USD10 juta saat ini tengah dibangun di PT Dok Koja Bahari (PT DKB) Galangan IV, Tanjung Priok, Jakarta Utara. Kapal ini untuk menambah 9 kapal sejenis yang telah ada.

Asisten Manajer Planning Production Control (PPC) PT Dok dan Perkapalan Kodja Bahari Sugiyanto Hartono mengatakan, kapal ini ditargetkan selesai 16 bulan. Namun karena bahan material yang biasanya menunggu hingga empat bulan telah didapatkan sejak satu bulan lalu. Selain itu, pihaknya menambah 150 tenaga kerja yang 60 persennya dipusatkan di bagian pengelasan.

"Oleh karena itu kami menjanjikan dua kapal ini akan selesai dalam jagka waktu 14 bulan," katanya, Rabu (16/7/2008).

Spesifikasi kapal, Sugiyanto menjelaskan, berbobot mati 1.000 ton, kemampuan jelajah kapal 3.000 mil laut dengan kecepatan mencapai 12 knot. Luas palka kapal 1.450 M2 dengan daya tampung bahan bakar 2.050 ton.

Kapasitas kapal dapat menampung pasukan sebanyak 300 orang dan 38 ABK. Selain itu, juga dapat memuat 22 unit kendaraan berbobot 5 ton, 28 unit kendaraan berbobot 2,5 ton dan tank tempur sebanyak 13 unit dan perbekalan seberat 15 ton. Selain itu juga diperlengkapi dengan senjata canon 12 mili.

"Usia kapal antara 15 hingga 20 tahun dengan masa garansi 1 tahun," jelasnya.

Sementara Dirjen Sarana Pertahanan Marsekal Muda TNI AU Eris Herianto mengatakan, kapal ini dipesan sejak 2004 lalu. Namun karena krisis moneter dan pemotongan anggaran terjadi penundaan dan baru dapat direalisasikan tahun ini.

Oleh karena itu dirinya mengharapkan, pemeliharaan secara berkala dapat dilakukan agar kapal transportasi yang juga berguna kala perang ini, dapat menjaga keutuhan menjaga pertahanan dan keamanan Indonesia yang mempunyai 17.504 pulau.

Wakil Asisten Logistik KASAD TNI AD Brigjen M Fuad Basya mengatakan, kapal ini untuk menambah sembilan kapal landing craft yang saat ini dimiliki pihaknya. Pihaknya menargetkan 16 kapal sejenis akan dimiliki TNI AD untuk menjaga persatuan dan kesatuan bangsa.

Dirinya melanjutkan, kualitas sebuah kapal penting sehingga mempunyai daya tahan yang bagus. Oleh karena itu PT DKB sebagai pembuat kapal harus menggunakan baja kualitas bagus.

"Jangan sampai kalau rusak kita disalahkan karena kurang perawatan," tegasnya.

(hri)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini