nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Cagub Bali Terpilih Mulai Digoyang

Miftachul Chusna, Jurnalis · Senin 21 Juli 2008 17:36 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2008 07 21 244 129676
DENPASAR - Calon gubernur Bali terpilih Made Mangku Pastika mulai mendapat serangan dari bekas pesaingnya. Pastika digugat terkait statusnya yang masih aktif di kepolisian, tapi bisa lolos menjadi calon gubernur.

Gugatan datang dari Partai Golkar dan empat parpol yang tergabung dalam Koalisi Rakyat Bali (KRB). "Kami telah layangkan surat keberatan kepada sejumlah pihak terkait," kata Wakil Ketua KRB Ngurah Edi Suryaningrat melalui telepon, Senin (21/7/2008).

Ngurah Edi menjelaskan, pihak terkait yang dimaksud yakni Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, Depdagri, Kapolri, KPU, Desk Pilkada, KPUD Bali dan Panwas Bali. Surat itu ditandatangani oleh kelima ketua DPD, yakni Partai Golkar, PIB, PPP, PKPB, dan PNIM.

Menurut dia, surat itu berisi permintaan penjelasan terkait status polisi aktif Pastika yang bisa lolos menjadi calon gubernur. Padahal, lanjut dia, berdasarkan UU No 2 Tahun 2003 tentang Kepolisian RI ayat 1 menyatakan, anggota Kepolisian RI tidak boleh memilih dan dipilih.

Menanggapi hal itu, pasangan Pastika-Puspayoga menegaskan siap meladeni gugatan itu. "Sebagai warga negara yang baik, kami siap meladeni gugatan dari pihak yang merasa tidak puas," tegas juru bicara pasangan Pastika-Puspayoga Ketut Ngastawa.

Secara terpisah, Ketua KPUD Bali AA Gede Oka Wisnumurti mengaku heran dengan gugatan KRB. Pasalnya, mereka telah ikut menandatangani hasil penetapan suara. "Karena itu, kita tetap akan menjalankan proses yang sudah dihasilkan," ujarnya.

(uky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini