nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Masyarakat Perlu Pendidikan Bela Negara

Jum'at 05 September 2008 10:46 WIB
https: img.okeinfo.net content 2008 09 05 230 143088

KARAWANG - Menurunnya rasa cinta tanah air dan bangsa, serta keberadaan Pancasila yang semakin dilupakan oleh masyarakat menunjukkan bahwa masyarakat memerlukan pendidikan bela negara.

Terlebih karena masyarakat merupakan cadangan yang diperlukan dalam konsep perang semesta saat ini. Hal tersebut terangkum dalam dialog yang dilakukan dengan Bupati Karawang, Dadang S Muchtar dengan para Perwira Siswa Kuliah Kerja Dalam Negeri Kursus Strategi Perang Semesta (PASIS KKDN KSPS) di Lt III Gedung Singaperbangsa Pemda Karawang, Kamis (4/9).

Bupati dalam kesempatan tersebut mengatakan bahwa keberadaan Pancasila saat ini sudah memudar di tengah-tengah masyarakat. Lunturnya pancasila dan rasa cinta tanah air dan bangsa sudah menjadi permasalahan, shingga Pancasila dan rasa cinta tanah air dan bangsa harus disosialisasikan kembali.

"Ini adalah tantangan yang luar biasa dan saat ini sedang digalakan kembali di Kabupaten Karawang," jelasnya.

Menurut Bupati, arti yang terkandung dalam Pancasila sangatlah besar, karena keberadaan sila-sila yang terdapat didalamnya merupakan satu kesatuan yang saling berkaitan. Melalui Pancasila, maka bangsa Indonesia dididik untuk ber-Tuhan. Dengan adanya masyarakat yang ber-Tuhan, maka dengan sendirinya akan tertanam di diri masyarakat tersebut rasa kemanusian.

"Dengan adanya rasa kemanusiaan tersebut tentunya masyarakat yang satu dengan yang lainnya tidak akan saling menyakiti," imbuhnya.

Dengan demikian, masyarakat yang peduli antara satu dan lainnya akan terbentuk persatuan, yang merupakan inti dari sila ketiga dalam Pancasila. Melalui rasa persatuan tersebut, tentunya masyarakat akan melakukan musyawarah untuk mufakat dalam menyelesaikan suatu permasalahan. Sehingga pada akhirnya apa yang diputuskan melalui musyawarah tersebut akan mengakibatkan terciptanya keadilan sosial untuk masyarakat Indonesia.

Bupati menilai bahwa makna berjuang saat ini berbeda dengan masa perjuangan dahulu. Berjuang saat ini identik dengan beras, baju dan uang, sehingga berat untuk dapat menggerakkan masyarakat tanpa adanya imbalan untuk mereka. Untuk itu, dalam upaya menggerakan rakyat dalam bela Negara perlu didahului oleh adanya peningkatan kesejahteraan mereka. "Saat ini tidak bisa gerakkan rakyat untuk bela Negara tanpa adanya kesejahteraan," tambahnya.

Meskipun demikian, Bupati telah melakukan sejumlah upaya untuk dapat meningkatkan rasa cinta tanah air dan bangsa. Salah satunya adalah dengan diwajibkannya menyanyikan lagu Padamu Negeri setiap Apel Pagi di jajaran aparatur Pemerintah Kabupaten Karawang. Selain itu, juga disosialisasikannya kembali Pancasila di sekolah-sekolah dan mengadakan pendidikan bela Negara dengan para pramuka.

Sedangkan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, Pemkab Karawang juga mengedepankan 3 bidang prioritas yaitu pendidikan, kesehatan, dan ekonomi kerakyatan yang ditunjang dengan infrastruktur yang memadai.

"Kita bentuk model-model kegiatan ekonomi kerakyatan seperti bantuan pedagang yang dikelola mantra pasar, Kredit Usaha Rakyat, penanaman ikan sariban, jamur merang dan lain-lain," tambahnya.

Sementara itu, Perwira Pendamping PASIS KSPS Kolonel Inf Agus Suharto mengatakan bahwa para Perwira Siswa tersebut akan melakukan Kuliah Kerja Dalam Negeri pada tanggal 1 hingga 4 September di 9 daerah sasaran di Provinsi Jawa Barat. 9 Daerah sasaran tersebut diantaranya adalah Kota Bogor, Kota Sukabumi, Kabupaten Cianjur, Garut, Tasik, Kota Cirebon dan Karawang. Selanjutnya akan dilanjutkan kegiatan seminar apada awal dan pertengahan September 2008.

Pelaksanaan KKDN saat ini libatkan personel organik dan nonorganik sebanyak 70 orang, yang diantaranya merupakan 4 orang pakar dari 30 Perwira Siswa berpangkat Kolonel. Para Pasis tersebut dibagi menjadi 3 tim yang terdiri 10 orang, dimana yang berada di Karawang ini merupakan Tim 3. "Untuk itu kami ucapkan terima kasih kepada Bupati Karawang, Ketua DPRD, dan semua pihak yang telah beri dukungan sesuai waktu yang dilaksanakan dalam kegiatan ini," tambahnya.

Humas Pemkab Karawang

(jri)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini