Bengkalis Ditetapkan KLB Chikungunya

Banda Haruddin Tanjung, Okezone · Rabu 15 Oktober 2008 16:41 WIB
https: img.okezone.com content 2008 10 15 1 154313

PEKANBARU - Pemerintah provinsi Riau menetapkan Kabupaten Bengkalis, Riau, sebagai kejadian luar biasa (KLB) Chikungunya. Pasalnya, penyakit ini telah menyerang lebih dari 300 orang warga di lima kecamatan kabupaten tersebut.

Kepala Bidang Humas Pelayanan dan Kesehatan Provinsi Riau Burhanuddin Agung mengatakan, penetapan status KLB Chikungunya untuk menangani penyakit ini lebih serius.

"Karena penyebarannya termasuk cepat. Penyakit ini menyebabkan kelumpuhan bagi penderitanya. Apalagi, Bengkalis juga selama ini belum pernah mengalami musibah ini," kata Burhanuddin kepada okezone, Rabu (15/10/2008).

Untuk menanggulangi penyebaran Chikungunya yang disebabkan gigitan nyamuk Aedes Aegypti ini, kata Burhanuddin, Dinas Keseharan Provinsi Riau melakukan upaya pemberantasan sarang nyamuk yaitu dengan menguras bak mandi dan menimbun barang bekas yang biasa menjadi sarang nyamuk.

"Langkah itu kami imbau kepada semua camat di Bengkalis, agar bersama masyarakat memberantas sarang nyamuk. Kami juga akan upayakan fogging," ujarnya.

Seperti diketahui, penyakit Chikungunya dengan gejala seluruh persendian menjadi ngilu ini telah menyerang lima kecamatan di Kabupaten Bengkalis, Riau, yaitu Kecamatan Bantan, Rangsang, Rangsang Barat, Bengkalis, dan Mandau. Sebelumnya, Chikungunya juga telah menyerang warga kota Pekanbaru, Riau.

(enp)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini