nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tiga Kabupaten/Kota di DIY Endemis DBD

Nazarudin Latief, Jurnalis · Sabtu 25 Oktober 2008 09:19 WIB
https: img.okeinfo.net content 2008 10 25 1 157387

YOGYAKARTA - Tiga Kabupaten/kota di Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta endemis penyakit demam berdarah dengue (DBD), yaitu Kabupaten Bantul, Sleman dan Kota Yogyakarta.

Di Kabupaten Bantul, seluas 60 persen wilayahnya dikategorikan endemis. Kabupaten Sleman wilayah endemis DBD-nya mencapai 80 persen. Dan kota Yogyakarta hampir semua wilayah (100 persen) endemis DBD.

Sepanjang tahun 2008 hingga bulan September, jumlah penderita DBD di DIY sebanyak 1.807 orang, dan yang meninggal dunia ada 15 orang.

Rinciannya, untuk Kota Yogyakarta ada 647 orang, enam orang di antaranya meninggal dunia. Kabupaten Bantul jumlah penderitanya 354 orang, lima orang di antaranya meninggal dunia. Kabupaten Kulonprogo jumlah penderitanya 86 orang, kabupaten Gunungkidul jumlah penderitanya

175 orang dan dua di antaranya meninggal dunia, dan kabupaten Sleman ada ada 545 orang, dan dua di antaranya meninggal dunia.

Kepala Bidang Pencegahan Penyakit Menular dan Penyehatan Masyarakat, Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta, Sarminto, sabtu (25/10/08), mengatakan, memasuki pancaroba yang hujannya belum merata menimbulkan genangan-genangan air hujan. Untuk itu, penanggulangan masalah DBD sudah dimulai sejak sekarang.

Untuk menekan penyebaran penyakit DBD maka pihaknya melakukan upaya gerakan pemberantasan sarang nyamuk (PSN).Pemberantasan sarang nyamuk itu dipelopori oleh juru pemantau jentik(jumantik) yang ada di kabupaten/kota.

"Kami sudah mengirimkan surat imbauan kepada seluruh dinas kesehatan di kabupaten/kota untuk kembali menggerakkan pemberantasan sarang nyamuk. Semua masyarakat harus berpartisipasi dengan melakukan gerakan 3M (menutup menguras dan menimbun)," katanya.

(fit)

GRATIS! Uji kesiapanmu menghadapi SBMPTN 2019 di Tryout SBMPTN Online 2019. Daftar dan login DI SINI

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini