Puluhan Warga Banyumas Terkena Chikungunya

Saladin Ayyubi, Global · Selasa 18 November 2008 18:47 WIB
https: img.okezone.com content 2008 11 18 1 165378

BANYUMAS - Sedikitnya 50 orang warga Desa Pesawahan, Kabupaten Banyumas, terserang penyakit chinkungunya. Sebanyak lima orang di antaranya harus dilarikan ke Puskesmas Rawalo untuk mendapatkan penanganan yang serius.

Kelima orang tersebut, yakni Priyanto (32), Siti Chalimah (40), Suwarta (62), Warniah (30), dan Heru (11). Kebanyakan para penderita ini kejang otot dibagian sendi dan mengakibatkan bagian tangan dan kaki tidak bisa digerakkan.

Menurut Kepala Puskesmas Rawalo dokter Hendro Harjito mengatakan, dari kondisi warga, mereka terkena penyakit chikungunya yang disebabkan oleh gigitan nyamuk aides aigepti. Karena banyaknya warga yang terserang penyakit cikungunya, pihak puskesmas menyatakan peristiwa ini sebagai kejadian luar biasa.

"Kejadian ini termasuk dalam kategori luar biasa, sementara besok akan dilakukan fogging," ujar Hendro, Selasa (18/11/2008).

Sementara menurut salah seorang penderita, Wariah, dirinya merasakan gejala sakit ini saat bangun pagi. Padahal sebelumnya dirinya masih sehat sesaat sebelum tidur malam.

Kini sebagian besar warga Desa Pesawahan yang terkena cikungunya masih banyak yang tergolek lemas di rumah masing-masing dan belum dirawat di puskesmas. Diduga, tingginya curah hujan yang terjadi akhir-akhir ini membuat nyamuk aides aigepti cepat berkembang di genangan dan bak-bak penampungan air.

(hri)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini