nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kasum TNI Jenguk Pasukan Garuda di Kongo

Sabtu 07 Februari 2009 13:31 WIB
https: img.okeinfo.net content 2009 02 07 230 190423 HWvlbucnsc.jpg
KONGO - Kepala Staf Umum (Kasum) TNI Laksamana Madya Y Didik Heru Purnomo melihat dari dekat kondisi Kompi Zeni TNI Kontingen Garuda XX-F yang tergabung dalam Monuc (Mission de l'Organisation des Nations Unies en République Démocratique du Congo/misi PBB di Kongo).

Salah satu agenda kunjungan Kasum TNI ke Kongo adalah menemui Monuc Force Commander (pimpinan tertinggi Monuc) Jenderal Babacar Gaye.

Dalam kunjungannya ke camp Kontingen Garuda XX-F di Beni dua hari lalu, Kasum TNI mengingatkan seluruh personel pasukan Zeni TNI untuk selalu menjaga nama baik kontingen Indonesia dengan cara bekerja secara profesional dan menjaga hubungan baik dengan masyarakat sekitar dan juga keakraban dengan kontingen dari negara lain.

Kasum TNI juga menekankan kepada seluruh personel satgas untuk tetap menjaga kesehatan agar jangan sampai terkena penyakit menular. Hal tersebut didasari oleh fakta bahwa sebagian penyakit berbahaya yang ada di Afrika belum ada obatnya dan apabila sampai ada yang mengidap penyakit tersebut akan berpengaruh negatif kepada keluarga dan lingkungan di Indonesia.

Setelah memberikan pengarahan, Kasum TNI menerima penjelasan dari Komandan Satgas-Mayor Czi Sugeng Haryadi Yogopranowo tentang kondisi satuan, kondisi personel, dan materiil satgas serta tugas-tugas yang diemban oleh Kompi Zeni TNI dalam mendukung proses DDRRR (Disarmament, Demobilization, Repatriation, Resettlement, and Reintegration) yang dilakukan Monuc di Negara Republik Demokratik Kongo.

Selanjutnya, Kasum TNI beserta rombongan melihat dari dekat kondisi alat-alat berat yang dimiliki pasukan Zeni TNI di Kongo serta berdialog langsung dengan para operator yang mengawakinya.

Selain mengunjungi pasukan TNI yang tengah bertugas di Kongo, Kasum TNI juga melakukan kunjungan kehormatan kepada Komandan Brigade Ituri-Brigadir Jenderal Fachrudin Khaidir (dari negara Bangladesh) di Bunia. Kasum TNI juga menyempatkan diri bertemu pimpinan tertinggi Monuc-Jenderal Babacar Gaye di wilayah Goma yang beberapa waktu lalu sempat mencekam akibat serangan dari pasukan pemberontak CNDP pimpinan Laurent Nkunda.

Dalam pertemuan singkat dengan Jenderal asal Senegal itu dibahas rencana penambahan pasukan penjaga perdamaian PBB di Kongo sebanyak dua batalyon infanteri, dua kompi pasukan khusus, satu kompi zeni, serta beberapa buah helikopter serbu dan juga pesawat Hercules.

Jenderal Gaye memuji kerja keras pasukan Zeni Indonesia yang telah membangun dan memelihara Bandar Udara Dungu, sehingga dapat dioperasionalkan dengan baik. Jenderal Gaye juga menerangkan peran penting Kompi Zeni TNI dalam mendukung Operasi Rudia (Operasi Gabungan Monuc dengan pasukan pemerintah Kongo dalam mengusir pemberontak LRA) dengan memperbaiki infrastruktur jalan yang menghubungkan kota Dungu dengan Durru.

Selama kunjungan ke Kongo, Kasum TNI juga mendapat suguhan "honour dinner" yang dihadiri Wali Kota Beni, pejabat Monuc wilayah Beni, Military Observer, serta pimpinan militer dan kepolisian wilayah setempat. Dalam acara makan malam kehormatan itu personel Kontingen Garuda XX-F mempersembahkan atraksi Kuda Lumping serta makanan khas Indonesia yang disambut antusiasme para tamu undangan.

Dalam kunjungannya ke Kongo, Kasum TNI didampingi Direktur Zeni TNI AD-Brigjen Didik Prijanto, Kepala Pusat Misi Pemeliharaan Perdamaian TNI-Kolonel I Gede Sumertha, Atase Pertahanan Afrika Selatan-Kolonel Pustaka Bangun, Pabandya Ops Staf Operasi Mabes TNI-Letkol Bejo Suprapto, Perwakilan Tetap RI di PBB-Letkol Joko Yochanan, serta Perwira Tugas Khusus Kasum TNI-Letkol Muhammad Irawadi.

Pusat Penerangan TNI
Authentikasi:
Pa Pen Konga XX-F/MONUC, Kapten Inf Leo Sugandi

(jri.-)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini