nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pembekalan Pascamagang Bintara Diktuk Brigadir Polri

Kamis 26 Februari 2009 11:24 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2009 02 26 230 196493 KLF1RDvDLu.jpg
KARAWANG - Pemerintah Kabupaten Karawang dalam setiap upaya pembinaan Ketentraman dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas) selalu bekerja sama dan berkoordinasi dengan pihak kepolisian, dalam hal ini Polres Karawang.

Hal tersebut disampaikan Asisten Pemerintahan Setda Kabupaten Karawang, Drs. Saleh Efendi saat memberikan pengarahan pada Siswa Pasca Magang Bintara Diktuk Polri di Aula Mapolres Karawang, Selasa (24/2).

Dalam hal ini, Saleh mengatakan bahwa pembekalan ini untuk menambah wawasan, pengetahuan dan pengalaman yang diperoleh dalam Diktuk Brigadir Polri dapat diimplementasikan dalam pelaksanaan tugas sebagai aparat penegak hukum di lapangan. serta Pemeliharaan Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas).

Pengertian Trantibmas sendiri, lanjut Saleh, adalah suatu keadaan dinamis yang memungkinkan pemerintah, pemerintah daerah dan masyarakat dapat melakukan kegiatannya dengan tenteram, tertib, dan teratur. Salah satu contoh Pertahanan Sipil (Hansip) juga dapat dikatakan sebagai pengaman masyarakat dan bisa disejajarkan dengan aparat penegak hukum.

Saleh juga mengatakan bahwa dalam mencapai keadaan tersebut, Pemkab Karawang bersama jajaran kepolisian telah melakukan sejumlah kegiatan pemeliharaan trantibmas, K3. "Contohnya adalah operasional satuan pamkamtrantibmas. Setiap usaha yang mengacu pada stabilitas keamanan daerah memiliki peranan yang strategis, mengingat Kabupaten Karawang merupakan mitra terdepan penyangga Ibu Kota Negara, di mana berpusat segala kegiatan yang bersifat nasional dan mempunyai dampak internasional," imbuhnya.

Dalam mewujudkan stabilitas keamanan daerah yang kondusif, tentunya harus diawali sikap dan perilaku aparat penegak hukum khususnya Polri beserta segenap unsur aparatur pemerintah yang professional dan berwibawa dalam memberikan pelayanan prima kepada masyarakat.

Saleh juga mengharapkan, kepada lulusan diktuk Polri agar melaksankan tugas dengan sebaik-baiknya dan dekat dengan rakyat, jadilah Polisi yang mencintai dan dicintai rakyat, hal ini untuk dijadikan sebagai titik tolak pengabdian saudara kepada bangsa, negara dan masyarakat.

Di sisi lain, kepada para siswa magang yang ditempatkan di Kabupaten Karawang tersebut, Saleh berharap agar mereka dapat senantiasa lebih mengenal seluk-beluk Kabupaten Karawang. Saleh juga dalam kesempatan ini menguji salah satu Siswa Pasca Magang Diktuk Polri. Menurutnya, pengetahuan yang luas akan Kabupaten Karawang akan dapat mempermudah mereka dalam setiap pelaksanaan tugas sehari-hari.

Humas Pemkab Karawang

(jri.-)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini