nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Komnas Anak Perbolehkan Ponari Buka Praktik Lagi

Ferdinan, Jurnalis · Kamis 12 Maret 2009 08:21 WIB
https: img.okeinfo.net content 2009 03 12 1 200633 kSyzLFpSS0.jpg
JAKARTA - Dukun cilik asal Jombang, Ponari bersikukuh ingin kembali membuka praktik pengobatannya. Bahkan dia mengancam akan berhenti sekolah jika keinginannya tak dipenuhi.

Menyikapi hal ini, Komisi Nasional Perlindungan Anak (KNPA) menyatakan praktik Ponari bisa dilanjutkan asalkan tidak di bawah tekanan pihak-pihak yang mencoba mengambil keuntungan.

"Misalnya, Ponari ingin praktiknya dibuka kembali itu boleh saja, asalkan atas kemauan sendiri dan dilakukan secara alamiah tanpa diorganisir," kata Sekretaris Jenderal KNPA, Arist Merdeka Sirait saat dihubungi okezone, Kamis (12/3/2009).

Ia menengarai keinginan bocah ajaib itu untuk praktik lagi timbul di bawah tekanan dari pihak yang berada dekat dengan Ponari. "Ada pihak-pihak yang mencoba mencari keuntungan dengan mengeksploitasi kemampuan Ponari. Keinginan untuk praktik lagi bukan kemauan Ponari sendiri," jelasnya.

Apabila itu terbukti, perbuatan itu bisa masuk ke ranah tindak pidana hukum. "Unsurnya adalah eksploitasi anak yang bisa mengganggu perkembangannya sebagai seorang anak," terang Arist.

(ful.-)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini