nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Praktik Ponari Dibuka Lagi, Ribuan Warga Antre

Tritus Julan, Jurnalis · Sabtu 14 Maret 2009 12:26 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2009 03 14 1 201321 Gb8hiwzkUW.jpg
JOMBANG - Hari ini praktik dukun cilik Ponari asal Jombang dibuka kembali. Sontak kabar gembira ini disambut antusiasme warga karena memang banyak yang berharap kesembuhan dari tuah batu sakti milik Ponari yang dicelupkan ke air.

Dari pantauan, sejak pagi tadi sekira 5.000 warga sudah menunggu di sekitar rumah Ponari di Dusun Kedungsari, Desa Balongsari, Kecamatan Megaluh, Jombang, Jawa Timur. Rencananya praktik Ponari mulai beroperasi sekira pukul 14.00 WIB, Sabtu (14/3/2009).

Sementara itu pengamanan dari aparat kepolisian tidak begitu ketat, berbeda dengan sebelumnya. Sejumlah polisi hanya berjaga di luar lokasi, tidak turut mengatur antrean warga yang bisa mencapai 1 km lebih.

Pasalnya, polisi masih keberatan praktik Ponari beroperasi kembali sebab dikhawatirkan memakan korban akibat lama mengantre. Meski demikian, pihak keamanan setempat tetap mengantisipasi segala kemungkinan yang tidak diharapkan dengan memantau dari jarak jauh.

Ponari bersikukuh ingin kembali membuka praktik pengobatannya, bahkan mengancam akan berhenti sekolah jika keinginannya tak dipenuhi. Hal ini tidak terlepas dari banyak kepentingan di balik fenomena Ponari ini.

Sekretaris Jenderal Komisi Nasional Perlindungan Anak (KNPA) Arist Merdeka Sirait menenggarai keinginan bocah ajaib itu untuk praktik lagi timbul di bawah tekanan dari pihak yang berada dekat dengan Ponari.

Menurut dia, ada pihak-pihak yang mencoba mencari keuntungan dengan mengeksploitasi kemampuan Ponari, keinginan untuk praktik lagi bukan kemauan Ponari sendiri.(ram)

(mbs.-)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini