nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Konga XXIII-C Gelar Operasi Penempatan Pasukan

Kamis 19 Maret 2009 11:45 WIB
https: img.okeinfo.net content 2009 03 19 230 202826 wwZTogpK1X.jpg
ADSHIT AL QUSAYR - Kontingen Garuda XXIII-C/Unifil selama 3 hari berturut-turut mulai 16 sampai 18 Maret 2009 melaksanakan Battalion Full Deployment Operation atau operasi penempatan pasukan secara maksimal di daerah tanggung jawab Satgas Yonif Mekanis TNI Konga XXIII-C/Unifil (Indobatt).

Operasi ini dipimpin langsung oleh Dansatgas Letkol Inf R Haryono, dan dipantau langsung dari Markas Besar Unifil Naquora maupun Sektor Timur Unifil Marjayoun. Operasi ini bertujuan untuk memaksimalkan penempatan seluruh pasukan Unifil di lapangan guna memantau dan mencegah semaksimal mungkin terjadinya gangguan keamanan yang dilakukan oleh kelompok bersenjata di Lebanon Selatan, yang merupakan daerah operasi Unifil khususnya peluncuran roket ke wilayah Israel.

Kondisi keamanan di Lebanon Selatan saat ini relatif aman dan terkendali serta tidak ada peningkatan alert status (status siaga) dari keadaan yang berlaku saat ini yaitu Status Siaga Kuning.

Selama operasi, 2/3 pasukan berada di lapangan untuk melaksanakanan pemantauan daerah operasi secara maksimal di beberapa tempat yang dijadikan sebagai Observation Post (Pos Pengamatan) dan Static Point (Pos  Statis) maupun Random Check Point atau patroli yang dilakukan secara acak untuk meng-cover daerah operasi yang tidak terpantau dari OP maupun SP. Sedangkan 1/3 lainnya melaksanakan standby di home base.

Chief of J-5 Unifil Letnan Kolonel Van Ryockerghem beserta rombongan dari Unifil HQ Naquora mendapat penjelasan dari Dansatgas tentang lokasi penempatan pasukan Indobatt dan pelaksanaan Full Deployment Operation secara langsung di medan operasi. Demikian juga Komandan Sektor Timur Unifil Brigjen Alberto Asarta Cuevas yang datang ke Indobatt Forward Command Post (Pos Komando Taktis) didampingi Wadan Sektor Timur Unifil Kolonel Inf Bambang Sudiono dan Kepala Staf Sektor Kolonel Diez de Diego.

Battalion Full Deployment Operation yang digelar oleh Indobatt mendapatkan perhatian yang sangat besar dari Markas Besar maupun Sektor Timur Unifil. Mereka sangat kagum dengan gelar operasi yang dilaksanakan Indobatt, karena Indobatt tidak hanya mampu memaparkan operasinya di atas peta namun juga berhasil mengimplementasikan di medan sesungguhnya.

Operasi yang digelar selama tiga hari ini sangat memberatkan prajurit,  karena di tengah musim dingin yang mendekati nol derajat mereka harus mampu meyakinkan tidak ada gangguan keamanan di wilayah tanggung jawabnya. Namun bagi prajurit Indobatt, mereka tetap menjalankan tugasnya dengan maksimal sesuai semboyan "tidak ada tugas yang sukar atau pun berat bagi prajurit yang tangguh".

Pusat Penerangan TNI

Authentikasi:
Pa Pen Satgas Konga XXIII-C/Unifil Letkol Arh Hari Mulyanto

(jri.-)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini