Edi Erwan, Peraih The Young Scientist Award 2009 di Malaysia

M Budi Santosa, Okezone · Rabu 27 Mei 2009 13:46 WIB
https: img.okezone.com content 2009 05 27 99 223565 sPvbOALvQC.jpg

KUALA LUMPUR - Mahasiswa Indonesia kembali mengharumkan nama bangsa di dunia internasional. Adalah Edi Erwan, mahasiswa S2 pada Institute of Tropical Agriculture, Universiti Putra Malaysia, yang telah menorehkan prestasi sebagai peraih juara kedua The Altech Young Scientist Award 2009 tingkat Malaysia.

Penghargaan ini diberikan kepada mereka yang mampu menghasilkan penemuan-penemuan yang luar biasa dalam bidang pertanian dan bioteknologi. Berdasarkan hasil penilaian dewan juri yang disampaikan oleh Rachel Liem, marketing manager Altech Biotechnology Malaysia, makalah Edi Erwan yang berjudul "Effect of Leucine Supplementation on Growth Performance and Carcass Characteristics of Grower-Broiler Chickens Fed Low Protein Diets" mampu memberikan solusi dan terobosan baru bagi industri peternakan, khususnya peternakan unggas.

Edi sendiri mengakui bahwa penelitiannya ini berangkat dari keprihatinannya akan harga bahan pakan ternak yang semakin mahal, sehingga dapat menyulitkan peternak. "Manfaat dari penelitian ini adalah meningkatkan bobot daging dada, mengurangi biaya pakan, dan membantu mengurangi pemanasan global karena pengeluaran gas nitrogen dari kotoran ternak unggas dapat dikurangi," kata Edi.

Ini adalah suatu pencapaian yang membanggakan bagi komunitas mahasiswa Indonesia di Malaysia. "Alhamdulillah melalui penghargaan ini, saya pun dapat berkontribusi dalam membangun imej positif bangsa kita di Malaysia, sesuai dengan semangat soft diplomacy yang menjadi konsep perjuangan PPI (Persatuan Pelajar Indonesia) Malaysia selama ini," tandas Edi yang juga adalah wakil sekretaris jenderal PPI Malaysia.

Edi sendiri direncanakan akan menerima penghargaan tersebut pada tanggal 24 Juni 2009 mendatang di Subang Sheraton Hotel, Malaysia. Even tersebut menurut rencana juga akan dihadiri oleh para menteri dan pejabat tinggi pemerintahan Malaysia beserta para ilmuwan dan akademisi pertanian dan bioteknolog terkemuka. Award tersebut menurut rencana akan diberikan langsung oleh Dr Pearse Lyons, Presiden Altech Amerika Serikat.

(mbs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini