nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Demo di Kedubes Malaysia Ricuh

Ajat M Fajar, Jurnalis · Rabu 10 Juni 2009 16:34 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2009 06 10 1 227995

JAKARTA - Puluhan massa yang berasal dari Laskar Merah Putih dan belasan orang dari HMI menyerbu Kedutaan Besar Malaysia siang hingga sore hari ini. Mereka memprotes tindakan Tentara Laut Diraja Malaysia yang melakukan pelanggaran batas wilayah di Ambalat untuk sekian kalinya.

Dalam aksi unjuk rasa yang dimulai sekira pukul 14.00 WIB, Rabu (10/6/2009), massa melakukan orasi mendesak Malaysia untuk menghormati Ambalat sebagai bagian dari wilayah Indonesia.

Mereka berseru "Hidup Indonesia", "Ganyang Malaysia", dan menyanyikan lagu nasional Indonesia Raya. Selain itu massa pun membawa spanduk dan poster bertulkiskan "Tingkatkan Anggaran TNI Segera. Ganyang Malaysia", "Hai Malaysia Kami Siap Menghadapimu", "Hai Malaysia Jangan Coba-Coba Mengaku dan Merebut Blok Ambalat Milik Kami".

Sempat terjadi ketegangan antara massa dan aparat kepolisian yang menjaga aksi ini. Ketegangan ini terjadi manakala dua orang dari Laskar Merah Putih menaiki pagar pintu masuk utama Kedubes, kemudian berorasi di atas atap posko keamanan.

Hal itu mengundang aparat keamanan untuk bereaksi dan mencoba menurunkan keduanya. Namun puluhan orang Laskar Merah Putih menghalangi hingga terjadi aksi saling dorong dengan aparat keamanan. Aksi saling dorong ini tidak berlangsung lama, setelah kedua orang yang berada di atas atap posko keamanan Kedubes.

Aparat kepolisian yang menjaga aksi ini berjumlah hampir sama dengan para peserta aksi. Setelah insiden kecil tadi, tidak ada upaya represif yang dilakukan pihak keamanan. Namun pihak keamanan melakukan pagar betis di depan pintu masuk utama Kedubes Malaysia agar massa tidak bisa mendekat.

Sementara imbas dari aksi ini membuat lalu lintas Jalan HR Rasuna Said menuju Menteng, macet parah. Kemacetan diperkirakan hingga lampu merah perempatan Kuningan, dan lampu merah Mega Kuningan atai ITC Kuningan.

(hri)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini