Mahasiswa Unair Wakili Indonesia di Hongaria

Koran SI, Koran SI · Selasa 14 Juli 2009 11:43 WIB
https: img.okezone.com content 2009 07 14 99 238491 n0IaJBvc1x.jpg

SURABAYA - Satu lagi putra Jawa Timur menjadi duta di ajang kompetisi internasional. Kali ini Harun Immanuel, mahasiswa Jurusan Matematika, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Airlangga (Unair), yang akan mewakili Indonesia di ajang International Mathematical Competition (IMC) di Hongaria pada 27-28 Juli mendatang.

Dia akan menjajal kepintarannya bersama tiga delegasi lain dari Universitas Gadjah Mada (UGM), Institut Teknologi Bandung (ITB), dan Institut Pertanian Bogor (IPB). Harun bakal melenggang ke Hongaria setelah berhasil menyabet peringkat empat dalam Olimpiade Nasional MIPA Perguruan Tinggi (ON MIPA PT) 2009 yang digelar Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Dirjen Dikti) Juni lalu.

Di ajang itu Harun hanya mampu menduduki peringkat empat, sedangkan peringkat pertama diraih mahasiswa UGM Albert Gunawan, urutan kedua Yosafat Eka dari IPB, dan juara tiga Arzaki dari ITB. Diceritakan, dalam ON MIPA PT itu soal-soal yang diujikan lebih banyak soal kombinatorika, yakni variasi soal yang membutuhkan kemampuan berpikir atau logika. "Saat itu saya memiliki waktu delapan jam untuk mengerjakan 14 soal. Masing-masing soal memiliki waktu 30 menit untuk mengerjakannya. Bentuk soal esai dan peserta harus menuliskan langkah-langkah pengerjaan," kata Harun.

Sama dengan di IMC nanti, penilaian bukan dinilai dari hasil akhir dari jawaban, tapi juga langkah-langkah dalam mengerjakan. Misalnya jawaban benar tapi langkah-langkahnya kurang tepat, maka akan mengurangi penilaian. Terkait persiapan menuju Hongaria, Harun mengaku tidak ada persiapan khusus seperti sebelum di ON MIPA PT lalu. "Saya sering kontak sama Albert melalui email. Di situ kita mencoba memecahkan soal bersama-sama," ujar mahasiswa kelahiran 19 Maret 1988 ini.

Istimewanya, soal yang dikerjakan bukan sembarang soal. Namun, soal-soal tes mahasiswa S-2 dan S-3 jurusan Matematika. Terutama soal-soal yang menyangkut logika. Dia bertekad menjadi orang Indonesia pertama yang meraih emas di IMC Hongaria.

Inna Kuswandari, salah satu dosen Jurusan matematika Fakultas Sains dan Teknologi Unair yang membimbing Harun mengungkapkan, Harun mempunyai kelebihan dibanding dengan mahasiswa lainnya. 

(mbs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini