73 Warga Surade Terserang Chikungunya

Toni Kamajaya, Koran SI · Kamis 16 Juli 2009 04:03 WIB
https: img.okezone.com content 2009 07 16 1 239111

SUKABUMI - Sekira 70 orang warga Kampung Leuwicagak, Cipeundeuy, Surade, Kabupaten Sukabumi, mengalami gejala penyakit yang sama berupa nyeri persendian dan demam. Dinas Kesehatan setempat menduga, puluhan warga tersebut terserang penyakit Chikungunya.

Informasi yang dihimpun menyebutkan, dari 70 warga yang menjadi suspect Chikungunya tersebut, tujuh diantaranya sempat dilarikan ke RSUD Jampangkulon karena kondisinya cukup kritis. "Tulang dan persendian sepertinya nyeri sehingga sakit jika digerakan. Kepala juga sangat pusing," kata Saepi (58), salah seorang suspect Chikungunya, Rabu (15/7/2009).

Dinas Kesehatan Kabupaten Sukabumi menduga, penyebaran penyakit yang disebabkan gigitan nyamuk Ades Aegepty itu diduga berasal dari seorang warga yang bekerja di luar daerah. Dugaan itu berdasarkan keterangan dari sejumlah sumber yang menyebutkan, warga berjenis kelamin pria ini mengalami gejala nyeri persendian disertai demam setelah pulang dari tempat kerjanya diluar Kecamatan Surade.

"Dugaan sementara gejala penyakit ini tersebar melalui seseorang warga yang bekerja di luar daerah. Tapi bisa juga karena persoalan cuaca," ungkap Kepala Bidang Program Penanggulangan Penyakit Menular Dinas Kesehatan Kabupaten Sukabumi Dadang Sucipta kepada wartawan.

Untuk mengantisipasi penyakit tersebut, pihaknya telah membuka posko penaggulangan penyakit. Sejumlah petugas kesehatan disiagakan di posko tersebut guna melakukan penyemprotan di daerah jentik nyamuk.

Persitiwa serupa pernah terjadi pertengahan Mei 2009 lalu. Sebanyak 35 orang warga Kampung Sekarwangi, Cibadak, Kabupaten Sukabumi, mengalami gejala kelumpuhan sementara. Dari hasil penelitian, penyakit yang diduga chikungnya tersebut disebabkan buruknya sanitasi air di wilayah pemukiman.

(teb)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini