nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tarikat Sattariyah di Sumbar Mulai Puasa Hari Ini

Rus Akbar, Jurnalis · Minggu 23 Agustus 2009 02:21 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2009 08 22 1 250423

PADANG PARIAMAN - Jamaah Tarikat Sattariyah di Kecamatan Ulakan Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat, memastikan akan memulai ibadah puasanya, Minggu (23/8/2009) ini, karena bulan sudah tampak di daerah Kabupaten Solok.

"Sistem di Ulakana hisabul taqwim (menghitung bulan) untuk ditentukan rukiyahtul hilal. Berdasarkan ajaran Nabi Muhammad SAW seperti itu," kata Anwar Tuanku Sutan Marajo, pengurus Jamaah Terekat Sattariyah, di sela-sela saat melihat bulan di Ulakan, Sabtu (22/8/2009).

Menurut Anwar, rasul telah memerintahkan agar berpuasa jika telah melihat bulan dan berhari raya pun apabila sudah melihat bulan. "Dan jika tidak melihat bulan maka puasalah engkau dengan membulatkan Sa'ban 30 hari," imbuhnya,

Pada akhir bulan Sa'ban yang diperkirakan jatuh pada Jumat kemarin, lanjut dia, pihaknya memang tidak melihat hilal. Namun sebagiannya timnya melihat bulan di Kabupaten Solok, dan kelompok Jamaahnya di Solok langsung memberitahukan kepada Jamaah mereka di Ulakan bahwa awal Ramadhan telah tiba. "Kemungkinan besar kita akan berpuasa besok," katanya.

Untuk melihat bulan, kata dia, beberapa titik sudah diberikan oleh para ulama Sattariyah di Ulakan. Jarak atau radius yang bisa menentukan bulan juga sudah ditentukan yakni 150 Km dari Ulakan. "Jika lebih dari itu tidak masuk dalam kapasitas melihat bulan," kata dia.

(ded)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini