nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Lagu Kebangsaan Malaysia Juga Milik Indonesia

Bramantyo, Jurnalis · Jum'at 28 Agustus 2009 16:22 WIB
https: img.okeinfo.net content 2009 08 28 1 252351 LIFDaL4Or9.jpg noscadgie.files.wordpress.com

SOLO - Sepertinya masih banyak karya anak bangsa Indonesia yang diklaim Malaysia. Kali ini lagu kebangsaan Malaysia berjudul "Terang Bulan" dan "Negaraku" diyakini milik Indonesia yang diambil Malaysia.

"Instrumennya sama dan tidak ada yang berbeda, hanya syair lagu berbeda," ujar Konsultan Lokananta Recording, Jaka Irmanta, saat jumpa pers di kantornya di Solo, Jawa Tengah, Jumat (28/9/2009).

Menurut dia, Lokananta baru mengetahui hal ini setelah menginventarisasi lagu asli Indonesia agar tidak diklaim Malaysia kembali. "Lagu 'Terang Bulan' pertama kali diputar di RRI Jakarta pada tahun 1956, sedangkan Malaysia baru merdeka pada 31 Agustus 1957," tandasnya.

Menanggapi hal ini, pada Senin mendatang atau bertepatan dengan peringatan hari kemerdekaan Malaysia, Lokananta akan mendatangi Kedutaan Besar Malaysia di Jakarta sekaligus memberikan somasi atas lagu tersebut.

Sementara itu, Kepala Perum Lokananta Surakarta Ruktiningsih membantah jika lagu tersebut merupakan pemberian mantan Presiden Soekarno sebagai hadiah atas kemerdekaan Malaysia. "Tidak ada dokumen penyerahan lagu tersebut," pungkasnya.(hri)

(mbs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini