Korban Gempa 44 Tewas, Pengungsi 5.630 Jiwa

Irma Yani, Okezone · Kamis 03 September 2009 08:31 WIB
https: img.okezone.com content 2009 09 03 1 253954 wpKUgVGVad.jpg Foto: Dok. Okezone

JAKARTA - Gempa bumi berkekuatan 7,3 SR di Tasikmalaya, menelan korban tewas sebanyak 44 orang, 120 mengalami luka-luka, dan 5.630 jiwa mengungsi di tenda-tenda ataupun Puskesmas terdekat.

Sementara 42 orang masih dinyatakan hilang, terbanyak berasal dari wilayah Cibinong, Cianjur.

"Pengungsi 5.630 terpencar di beberapa daerah," ungkap Staf Penanggulangan Bencana Markas Pusat PMI Tia Kurniawan saat dihubungi okezone, Kamis (3/9/2009).

Menurutnya, saat ini belum ada data pasti mengenai jumlah korban akibat gempa yang turut mengguncang sejumlah daerah seperti Kabupaten Cianjur, Bandung, Tasikmalaya, Garut, Bogor, Sukabumi, dan Ciamis, hingga wilayah Jakarta tersebut.

Meski demikian, paparnya, 150 orang anggota PMI telah diterjunkan ke beberapa wilayah yang terkena bencana, di mana sebelumnya telah diterjunkan sebanyak 30 orang ke masing-masing wilayah.

"Kita mash menunggu rincian data, tapi  PMI sudah menerjukan ke sana dari masing-masing cabang 30 orang, dan ada 150 orang yang standby 24 jam," tuturnya.

Para anggota PMI, tambahnya, kini tengah melakukan pengkajian data dan pertolongan pertama.  Untuk pertolongan selanjutnya, PMI pusat masih menunggu informasi pasti dari masing-masing anggota yang berada di lokasi guna menentukan tindakan selanjutnya.

"Karena data masih simpang siur, jika sudah jelas maka kita bisa tentukan kebutuhannya apa," tegasnya.

Hingga saat ini, PMI telah mengirimkan bantuan selimut ke wilayah Bandung, dan tenda pleton ke daerah Pangalengan. Selain itu, sebanyak 500 terpal untuk penampungan sementara dan 500 paket perlengkapan kebersihan (hygiene kit), perlengkapan keluarga (family kit), dan 100 body bag telah di kirimkan ke sejumlah lokasi.

(lam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini