nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

42 Korban Gempa Tasik Masih Hilang

Reni Susanti, Jurnalis · Selasa 15 September 2009 12:54 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2009 09 15 1 257661 SW10JajHrX.jpg Dok: Okezone

BANDUNG - Pencarian korban hilang akibat gempa berkekuatan 7,3 SR di Tasikmalaya pada Rabu 2 September 2009, dihentikan. Pasalnya tubuh korban diperkirakan sudah rusak dan menyatu dengan tanah, sehingga pencarian sulit dilakukan.

"Sejak kemarin pencarian dihentikan," ujar Sekretaris Satkorlak Jabar, Udjwalaprana Sigit, kepada okezone, Selasa (15/9/2009). Ia menambahkan, jumlah orang yang hilang sampai sekarang sebanyak 42 orang.

Sigit mengaku pemerintah belum mengambil keputusan lokasi timbunan longsor akan dibuat apa. Wacana pembuatan kuburan massal yang beredar selama ini baru sebatas rencana. Pasalnya, banyak sekali keinginan warga yang harus didengar dan jika memungkinkan bisa diakomodir.

"Ada yang ingin tetap tinggal di sana karena dekat dengan saudaranya yang hilang dan lainnya," cetus dia. Semua keinginan tersebut masih didata dan akan dilakukan kajian khusus. Setelah ada kesepakatan dengan warga Cianjur, baru pemerintah bisa memutuskan langkah yang harus ambil. "Pembahasan masih memerlukan waktu dan harus hati-hati," tutur dia.

Selama pembahasan, permukiman dan jalan di sekitar longsoran akan kembali ditata dan perbaiki.  

Hingga kini, jumlah korban yang meninggal sebanyak 81 orang, luka-luka 1.238 orang, dan hilang 42 orang. Adapun jumlah pengungsi sebanyak 43.243 KK atau setara dengan 169.982 jiwa.

(fit)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini