Bantuan Kurang, Dede Yusuf Dicegat Korban Gempa

Reni Susanti, Okezone · Rabu 16 September 2009 11:32 WIB
https: img.okezone.com content 2009 09 16 1 258037

BANDUNG - Saat melakukan kunjungan ke Ciamis, Jawa Barat, Selasa 15 September lalu, rombongan Wakil Gubernur Jawa Barat Dede Yusuf dicegat korban gempa. Mereka mengeluh bantuan yang kurang di daerahnya.

"Masih ada daerah yang kurang mendapatkan bantuan," ujar Dede di Posko Penanggulangan Bencana Jabar, Rabu (16/9/2009). Di Ciamis, kata dia, ada desa yang mendapatkan bantuan beras 20 ton, padahal mereka membutuhkan 80 ton.

Sebenarnya, sambung Dede, bantuan yang ada sangat mencukupi. Hanya saja pendistribusian yang kurang lancar karena terbatasnya sarana angkutan. Namun, hari ini Pemprov Jabar mendapatkan bantuan sarana angkutan dari peternak ayam. Dengan bantuan ini, persoalan distribusi diharapkan bisa terselesaikan dengan baik.

Persoalan distribusi tidak berhenti sampai disini. Karena sampai sekarang masih ada perusahaan yang memberikan bantuan secara langsung ke desa-desa korban bencana. Mereka datang ke desa tertentu dan menurunkan barang begitu saja. Padahal desa tersebut tidak memiliki tenaga untuk mendistribusikannya.

Selama ini, proses pengiriman bantuan dilakukan dari Satkorlak Jabar ke Satlak di kota/kabupaten. Setelah itu, bantuan disebar ke daerah yang membutuhkan oleh Satlak. "Beberapa daerah seperti Pangalengan bantuannya sudah mencukupi. Bantuan akan kembali diberikan jika ada permintaan dari daerah yang bersangkutan," tutur Dede.

Per 16 September 2009 ini, sambung Dede, tanggup darurat akan berakhir. Mulai besok, status Jabar menjadi recovery.

(teb)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini