nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pakai Batik, Gratis Masuk Ragunan & Ancol 50 %

Neneng Zubaidah, Jurnalis · Senin 28 September 2009 19:01 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2009 09 28 338 260511 HoSul0Da1m.jpg Pantai Ancol

JAKARTA - Menyambut nominasi batik sebagai warisan budaya dunia oleh Unesco pada Jumat, 2 Oktober mendatang, para pemakai batik mendapat fasilitas gratis masuk ke sejumlah tempat wisata.

Deputi Gubernur DKI Jakarta Bidang Budaya dan Pariwisata Aurora Tambunan menjelaskan, Taman Margasatwa Ragunan (TMR) akan menggratiskan tiket masuk bagi pengunjung yang memakai batik. Jika pada hari biasa, tiket masuk ke Ragunan dipatok sekitar Rp4.500 per pengunjung.

Selain Ragunan, tempat wisata di Jakarta Utara yaitu Ancol juga akan memberikan diskon 50 persen untuk masuk gerbang utama. Diskon yang sama juga berlaku untuk masuk ke wahana Atlantis dan Gelanggang Samudera. Sementara untuk Dunia Fantasi (Dufan) diberikan potongan harga sebesar 40 persen.

Diketahui, untuk gerbang utama dikenakan Rp13.000 perorang, tiket masuk mobil Rp13.000, motor Rp10.000. Tiket masuk Atlantis yakni Rp70.000, Gelanggang Samudra Rp80.000, dan Dufan Rp140.000.

Dirinya juga meminta kepada Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Arie Budhiman untuk mengkoordinasikan kepada pengelola bar, hotel, dan restoran untuk berpartisipasi terhadap dinominasikannya batik Indonesia sebagai warisan dunia tak benda (Intangible Cultural Heritage). Sidang penetapannya sendiri dilakukan Unesco di Abu Dhabi sejak 28 September hingga 2 Oktober ini.

Aurora menjelaskan, selain diskon, Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo juga mengeluarkan instruksi gubernur No 136 tahun 2009 mengenai Pemakaian Baju Batik agar mengenakan batik pada Jumat nanti kepada PNS dan pihak swasta. "Hasil sidang akan diumumkan Unesco pada 2 Oktober jam delapan malam," katanya di Balaikota DKI Jakarta.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta Arie Budhiman menambahkan, selain tempat wisata ada sembilan museum yang digratiskan bagi pengunjung yang mengenakan batik. Di antaranya Museum Tekstil, Museum Sejarah Fatahillah, Museum Wayang, Museum Seni Rupa dan Keramik, Museum Juang, Museum Bahari, dan Museum MH Thamrin.

(ful)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini