nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jumlah Komisi Mekar Jangan untuk Bagi-Bagi Kekuasaan

Dadan Muhammad Ramdan, Jurnalis · Selasa 06 Oktober 2009 09:56 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2009 10 06 339 262910 KhnXTUCrZY.jpg

JAKARTA - Sampai saat ini pembahasan jumlah komisi di DPR masih alot. Sebab, partai besar umumnya mengharapkan jumlah komisi ditambah hingga 15, namun partai kecil malah menginginkan jumlah komisi tetap yakni 11.

Partai kecil beranggapan jika jumlah komisi diperbanyak, maka dikhawatirkan akan memperlemah suara partai di komisi tersebut karena kekuatan menjadi terpecah-pecah.

Menurut pengamat politik dari LIPI, Indria Samego, yang menjadi persoalan adalah bukan pada jumlahnya. Namun, lebih pada apakah komisi itu fungsional atau tidak.

"Saya kira asal bukan pembagian kekuasaan, namun tetap sungguh-sungguh untuk komisi tersebut fungsional," ujar Indria saat berbincang dengan okezone, Selasa (6/10/2009).

Dia juga melihat perlunya penambahan komisi di DPR mengingat jumlah departemen cukup banyak. "Misalnya saja di Komisi I. Memang saat ini sudah baik, tapi masih ada yang tumpang tindih, sehingga perlu ditangi komisi yang lain," paparnya.

Alasan partai kecil menolak pemekaran komisi karena takut kekuatannya lemah juga tidak menjadi alasan kuat. "Itu karena komisi tidak fungsional. Kalau solid tentu kinerjanya bagus. Jadi yang utama lebih pada kinerjanya bukan karena bagi-bagi kekuasaan, tidak masalah jumlah komisi ditambah," kata Indria.

(ram)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini