Kecil Kemungkinan Ledakan di Bone dari Meteor

Kemas Irawan Nurrachman, Okezone · Kamis 08 Oktober 2009 12:20 WIB
https: img.okezone.com content 2009 10 08 340 263793 OinqsztqFL.jpg Pengamatan meteor (Foto: Daylife)

JAKARTA - Ledakan besar yang terjadi di Lateko, Bone, Sulawesi Selatan, hingga kini belum diketahui asalnya. Dugaan ledakan tersebut berasal dari meteor pun muncul setelah terlihat cahaya sebelum terdengar suara dentuman.

Kepala Planetarium Boscha, Moedji Raharto menilai kecil kemungkinan jika benda yang menghasilkan ledakan keras tersebut berasal dari benda asing atau meteor.

"Karena pasti akan berpapasan dengan alat orbit bumi. Di mana pukul 10.00-11.00 kepala bumi sedang berada di lintasan sejajar dengan matahari. Kalaupun ada, pasti benda tersebut akan meledak di angkasa," kata Moedji saat dihubungi okezone di Jakarta, Kamis (8/10/2009).

Apalagi, lanjut Moedji, sangat jarang terjadi ada meteor yang masuk ke bumi pada pagi hari.

"Jika memang ada benda asing, pasti berbentuk butiran kecil dan hanya bisa dilihat di padang rumput yang luas," tegasnya.

"Itu juga tergantung dari mana ia berasal. Apakah dari utara, selatan, barat, timur. Itu juga tergantung dengan cuaca di sana, apakah cerah atau tidak," lanjutnya.

Biasanya, tambahnya, meteor akan lebih mudah masuk ke bumi saat sore hari. "Karena berada di belakang bumi dan sangat mudah terlihat. Ciri-ciriya panjang dan lambat," tuturnya.(kem)

(mbs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini