BMKG Duga Ledakan Bone Gempa Berskala Kecil

Andi Aisyah, Okezone · Kamis 08 Oktober 2009 13:39 WIB
https: img.okezone.com content 2009 10 08 340 263817 g77fsMLA3y.jpg Seismograf, alat pencatat gempa (Foto: news.yahoo.com)

MAKASSAR - Ledakan yang terjadi di Bone, Sulawesi Selatan, pagi tadi hingga kini belum diketahui. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Sulawesi Selatan mensinyalir kejadian tersebut merupakan gempa berskala kecil.

"Getaran ini bermagnitude 1,9 skala Richter. Ledakan berada di sekitar Teluk Bone. Atau berada pada 4,6 derajat lintang selatan dan 120,09 derajat bujur timur," ujar staf BMKG Sulawesi Selatan Made Widiada kepada wartawan, Kamis (8/10/2009).

Selain itu, kata dia, ledakan ini terjadi pada kedalaman satu kilometer dan berada di 62 kilometer Kota Wajo. Empat dari enam seismograf yang ada di Provinsi Sulawesi Selatan pun menangkap getaran yang terjadi pada pukul 10.34 Wita tersebut.

"Sampai saat ini kami masih belum tahu penyebabnya. Kalau karena patahan getaran seharusnya melebihi 2 skala Richter, tetapi ini tidak," tandasnya.

Menurut Made, terdapat patahan Saddang yang memanjang dari pesisir pantai tepatnya dari barat Sulawesi melintasi dan memotong wilayah Sulawesi Selatan bagian tengah, dan Selawesi Selatan bagian selatan menuju Pulau Selayar bagian timur.

Hingga kini, belum diketahui penyebab ledakan yang terjadi empat kali dan sempat membuat warga panik tersebut.(teb)

(mbs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini