Doktor Ideologi Pendidikan Pertama

Koran SI, Koran SI · Kamis 08 Oktober 2009 11:22 WIB
https: img.okezone.com content 2009 10 08 99 263752 9tmqVtJiBP.jpg ilustrasi (Ist)

SURABAYA - Beberapa pihak menilai sistem pendidikan di Indonesia semakin kabur dan tidak jelas arahnya. Sayangnya, tidak banyak kalangan yang menyadari problem pendidikan di Indonesia berakar pada persoalan ideologi pendidikan.

Itu terjadi karena tidak ada yang memiliki kompetensi ideologi pendidikan. Namun, orang yang dibutuhkan itu akhirnya hadir juga. Karti Soeharto MPd, salah seorang dosen Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Surabaya (Unesa), membuat karya disertasi berjudul "Politik Pendidikan Nasional: Analisis Ideologi Pendidikan Melalui Interpretasi Elit Pendidikan Indonesia terhadap UU nomor 20/2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional". Disertasi inilah yang mengantar Karti Soeharto menjadi doktor pertama di bidang ideologi pendidikan.

Karya ini juga telah dipertahankan dalam ujian doktoral di Program Pascasarjana Universitas Airlangga (Unair). "Ideologi dalam pendidikan merupakan fondasi dasar sekaligus ruh pendidikan. Jika ideologi tersebut tidak jelas, maka secara otomatis gerak pendidikan juga akan tidak jelas," kata Karti Soeharto.

Untuk menyelesaikan problem tersebut, bapak tiga anak ini menawarkan ideologi pendidikan kontekstual sebagai solusi cerdas dalam memperjelas arah dan tujuan pendidikan nasional. Semua itu tertuang dalam disertasinya.

(mbs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini