nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Profil Menko Polhukam, Djoko Suyanto

Mariani Simamora, Jurnalis · Kamis 22 Oktober 2009 08:36 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2009 10 22 339 268101 KOl4BeUAIt.jpg Djoko Suyanto (Foto: Koran SI)

Seperti diprediksi sebelumnya Djoko Suyanto dipercaya Susilo Bambang Yudhoyono sebagai Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam).

Djoko Suyanto adalah anak ketiga dari tujuh bersaudara. Di masa muda, dikenal sangat disiplin. Dia juga selalu bersahaja dan tidak suka macam-macam. Sikap disiplinnya diwarisi dari sang ayah, Suparno, yang juga anggota TNI Angkatan Udara berpangkat Letnan Satu (Lettu).

Pria kelahiran Madiun, Jawa Timur, 2 Desember 1950 ini masih menjabat sebagai Panglima TNI yang dia emban sejak Februari 2006.

Orang pertama dari jajaran TNI AU yang menjabat sebagai Panglima TNI ini menamatkan pendidikannya di Akabri (AU) pada 1973. Dia sempat menjadi penerbang pesawat tempur F-5 Tiger II yang berpangkalan di Bandara Iswahyudi, Madiun.

Dia Juga pernah pernah mengikuti kursus di USAF Fighter Weapon Instructor School di Pangkalan Udara Nellis, Las Vegas, Nevada. Kemudian berturut-turut menjabat sebagai Komandan Skadron Udara 14, Komandan Lanud Iswahyudi, Panglima Komando Sektor Pertahanan Udara Nasional, Komandan Komando Pendidikan TNI Angkatan Udara, Asisten Operasi Kepala Staf Angkatan Udara, dan kemudian Kepala Staf TNI Angkatan Udara sebelum akhirnya menjadi Panglima TNI.

Dua arahan SBY bagi Djoko Suyanto adalah kesejahteraan prajurit seiring dengan banyaknya tuntutan agar TNI melepaskan semua bisnisnya kepada pemerintah dan persoalan pro-kontra hak pilih TNI pada pemilihan umum 2009.

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini