nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Linda Amalia Sari, Ibu RT yang Menjadi Menteri

TB Ardi Januar, Jurnalis · Kamis 29 Oktober 2009 10:29 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2009 10 29 158 270292 qwvzYGgrmF.jpg Linda Amalia Sari (Koran Seputar Indonesia)

JAKARTA - Saat pengumuman Kabinet Indonesia Bersatu jilid dua hendak diumumkan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, kediaman Jenderal (purn) Agum Gumelar di Jalan Panglima Polim III, Jakarta Selatan, dipenuhi karangan bunga dan sejumlah kerabat.

Pemandangan itu seakan biasa karena sepak terjang Agum mengabdi di pemerintahan sudah tidak diragukan lagi. Agum pernah menjadi Mekopolsoskam dan Menteri Perhubungan di era Megawati. Bahkan, Agum juga sempat menduduki jabatan Gubernur Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhanas).

Namun, ada yang berbeda kali ini. Dimana, karangan bungan yang memenuhi rumah Agum tersebut bukanlah untuknya, melainkan untuk sang istri tercinta Linda Amalia Sari. Linda yang biasanya hanya mendampingi suami, kini harus terlibat langsung setelah SBY mempercayainya menjabat sebagai Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak.

"Alhamdulillah, saya dipercaya menjadi menteri di kabinet ini. Bagi saya ini panggilan tugas dari negara dan saya harus siap untuk mengabdi," ujar Linda kepada okezone usai namanya disebut SBY, belum lama ini.

Kendati nama Linda jarang muncul ke permukaan publik dan lebih sering menjadi ibu rumah tangga, bukan berarti Linda tidak berpengalaman dalam menangani persoalan perempuan dan anak anak. Sudah belasan tahun, Linda aktif bersama organisasi Kongres Wanita Indonesia (Kowani) dan saat ini menjabat sebagai ketua umum. Bahkan, Linda juga sempat tercatat sebagai anggota DPR dan MPR pada tahun 1992-1997.

"Kowani adalah perkumpulan organisasi wanita se-Indonesia. Saat ini, sudah ada 78 organisasi bergabung dengan Kowani. Saya juga aktif di beberapa yayasan, salah satunya Yayasan Kanker Indonesia," tukasnya.

Menjabat sebagai menteri yang menangani persoalan perempuan, putri mantan Menparpostel Achmad Tahir ini memiliki segudang obsesi. Dia ingin perempuan di Indonesia memiliki daya saing dan dapat eksis dalam berbagai bidang. "Saya akan langsung konsolidasi dengan lembaga terkait. Saya juga akan merangkul semua pihak termasuk LSM perempuan," tukasnya.

Kendati saat ini sudah menjadi menteri, Linda bertekad akan tetap meluangkan waktu bersama keluarga guna menjaga keharmonisan rumah tangga. Perempuan yang mahir berbahasa mandarin ini akan tetap setia menjadi pendamping Agum Gumelar dan ibu bagi kedua anaknya Haris Khaseli Gumelar dan Armi Dianti Gumelar.

"Bagi saya keluarga adalah segalanya. Saya akan terus meminta nasihat suami dan akan meluangkan waktu bersama anak-anak. Apalagi saat ini saya sudah punya cucu," pungkas Linda dengan penuh haru.

Biodata Linda Amalia Sari

Nama : Linda Amalia Sari, S.IP

Tempat Tanggal Lahir: Bandung, 15 November 1951

Agama : Islam

Alamat : Jalan Panglima Polim III/146, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan

Nama Suami : Agum Gumelar

Nama Anak : Haris Khaseli Gumelar, BA

Armi Dianti Gumelar, BA (menikah dengan Taufik Hiddayat)

Nama Cucu : Natarina Alika Hidayat

(teb)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini