Sidang Karadzic Ditunda Tahun Depan

Nurfajri Budi Nugroho, Okezone · Jum'at 06 November 2009 12:49 WIB
https: img.okezone.com content 2009 11 06 18 272947 XMnZqe5YMd.jpg Radovan Karadzic (Foto: Telegraph)

DEN HAAG - Mahkamah Kejahatan Internasional menangguhkan sidang pengadilan Radovan Karadzic sampai Maret tahun depan. Seorang pengacara juga ditunjuk untuk Karadzic, sebagai reaksi atas boikot terdakwa terhadap persidangan.

Hakim mengambil keputusan itu setelah Karadzic memboikot awal pengadilan yang dimulai pada 26 Oktober. Dikutip dari Telegraph, Jumat (6/11/2009), pengadilan menyatakan, jika Karadzic terus-menerus tak hadir di persidangan, maka pengacara akan menggantikannya. Penundaan sidang itu dimaksudkan agar pengacara baru itu bisa mempersiapkan diri.

Seperti diketahui, Karadzic menolak hadir ke persidangan dengan alasan masih membutuhkan waktu untuk menyiapkan pembelaan. Mantan pemimpin Bosnia Serbia itu diingatkan bakal kehilangan hak untuk membela dirinya sendiri jika terus menghalangi persidangan.

Dalam sidang yang dihadirinya Selasa lalu, Karadzic mengaku tidak bersalah atas 11 tuduhan kejahatan perang dan kemanusiaan dalam perang Bosnia 1992-1995. Jika terbukti bersalah, maka dia terancam hukuman seumur hidup.

(jri)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini