nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ritual di Lapindo, Dukun Kantongi Izin dari BPLS

Abdul Rouf, Jurnalis · Jum'at 13 November 2009 17:01 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2009 11 13 340 275350 r0qzLRN9hR.jpg (Foto: Abdul Rouf/SI)

SIDOARJO - Lokasi di dekat semburan Lapindo, Sidoarjo Jawa Timur gersang dan panas. Namun kondisi itu bukan halangan bagi sejumlah orang yang ingin menguji ilmu gaibnya untuk menghentikan lumpur.  

Menurut tukang ojek yang biasa mangkal di atas tanggul, dalam sepekan ada saja paranormal yang menggelar ritual di tanggul.

"Ada paranormal dari Malang, dari Banten dan lainnya. Kalau ingin lebih dekat ke semburan Lumpur, biasanya naik ojek saya," ujar Haryanto, warga Siring yang berprofesi jadi tukang ojek, Jumat (13/11/2009).

Kepala Humas BPLS, Akhmad Zulkarnain, mengatakan setiap ada paranormal yang akan ritual di tanggul minta izin ke pihaknya. BPLS akan mengizinkan mereka ritual, asalkan di tanggul yang jaraknya tidak terlalu dekat dengan semburan Lumpur.

"Kalau mereka (paranormal,red) menggelar ritual di tanggul Siring, silakan. Tapi kalau ingin mendekat ke semburan, tentunya tidak semudah itu. Kami tidak ingin menanggung risiko bahaya jika mengizinkan orang mendekat semburan Lumpur panas," tandas Zulkarnain, yang mengaku hampir tiap pekan ada saja paranormal yang minta izin ritual di Lumpur.

Pagi tadi lokasi semburan pun didatangi enam orang yang berasal dari Karawangan Jawa Barat. Mereka berniat berdoa di lokasi itu untuk menghentikan semburan lumpur Lapindo yang sudah tiga tahun tak berhenti mengucur.

Para dukun itu pun mengatakan telah mendapat izin dari BPLS untuk mengadakan ritual di lokasi dekat semburan.

(fit)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini