Newaspadai Ancaman Keutuhan NKRI

Rabu 25 November 2009 16:11 WIB
https: img.okezone.com content 2009 11 25 230 279159

Perkembangan lingkungan strategis yang dipicu kemajuan teknologi informasi membuat perubahan yang terjadi semakin dinamis dan telah berpengaruh secara langsung maupun tidak langsung pada keamanan nasional. Pengaruh tersebut langsung dirasakan oleh sistem keamanan nasional berupa berkembangnya isu demokrasi, tuntutan HAM, lingkungan hidup, aksi teror, separatis, perbatasan negara, serta bencana alam dan konflik sosial, bahkan rongrongan dari negara tetangga berupa klaim beberapa budaya asli Indonesia. Belum lagi masalah hukum dan peradilan yang carut marut dimana aparat penegak hukum seperti Kepolisian, Kejaksaan dan KPK saling menjadi kompetitor diantara penegak hukum.

Sebenarnya isu yang dihadapi Indonesia sudah semakin kompleks dan mengancam keutuhan wilayah NKRI. Ancaman nyata tersebut bersifat nasional maupun transnasional yang cenderung meningkat dan berimplikasi pada strategi, bahkan dapat mengundang penggunaan kekuatan TNI. Dari perkiraan ancaman yang mungkin timbul tersebut, nampaknya ancaman teroris merupakan persoalan yang perlu mendapat prioritas utama, karena kejahatan terorisme tergolong dalam kejahatan transnasional. Dimasa sekarang, kelompok teroris tidak lagi bergerak dalam situasi isolasi, tetapi telah memiliki jaringan internasional yang tertutup dengan mengedepankan aksi-aksi bom bunuh diri yang sulit dilacak dan menakutkan.

Mengingat ancaman teroris ini sudah begitu membumi di tanah air kita ini, maka keinginan negara untuk memperkuat dirinya dalam penanggulangan terorisme dengan melibatkan institusi-institusi keamanan lainnya. Kompleksitas permasalahan terkait terorisme dan image negatif Indonesia sebagai negara teroris, telah menempatkan upaya pemberantasan terorisme tidak mungkin hanya dilakukan oleh satu lembaga saja. Pemberantasan terorisme harus dilakukan secara komprehensif dengan melibatkan banyak lembaga dan seluruh komponen bangsa.

Presiden SBY bahkan beberapa kali menegaskan pentingnya pelibatan berbagai elemen bangsa dalam penanggulangan terorisme. Bagi masyarakat, siapapun yang akan terlibat dan apapun yang akan diperbuat dalam upaya pemberantasan terorisme dan korupsi bukan menjadi persoalan, karena yang utama bagi warga negara adalah bagaimana negara mampu menciptakan kesejahteraan, keadilan, perasaan aman dan nyaman hidup di negeri tercinta ini.

Ronald Surbakti

Jl. TebetĀ  Barat I/19, Jakarta Selatan

(mbs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini